MENYANTUNI SEJARAH DALAM IJTIHAD: Telaah Kritis Kaidah “Al-‘Ibrah bi ‘Umūm al-Lafzi Lā Bi Khusūs al-Sabab”

  • Heriyanto Heriyanto Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
Keywords: sejarah, ijtihad, kaidah, teks, asbāb al-nuzūl

Abstract

Fokus kajian ini paling tidak akan membahas problem historical approach dalam kajian hukum Islam, yang mana penulis lihat dari perspektif kaidah usul fikih “al-‘ibrah bi ‘umūm al-lafzi lā bi khusūs al-sabab”. Asumsinya, kaidah tersebut telah mendorong pemahaman keagamaan yang bersifat text oriented, sehingga pendekatan sejarah yang digagas oleh beberapa pemikir hukum Islam kontemporer belum juga menuai signifikansinya dalam kajian yang dilakukan. Bahkan pemberlakuan kaidah ini secara rigit akan menegasikan asbāb al-nuzūl dari kajian ilmu-ilmu al-Qur’an. Dalam kajian ini penulis menilai kaidah tersebut lebih dipahami sebagai dogma teologis dari pada sebagai langkah metodologis dalam kajian hukum Islam. Sehingga eksplorasi aspek historisitas wahyu menjadi terabaikan.

References

Al-Alūsi, Mahmud.Rūh al-Ma’āni. Beirut: Dār Ihyā’ al-Turās| al-‘Arabī, t.t.
Al-‘Aqyāl, Muhammad bin Abd. Al-Wahhāb.Manhāj al-Imām al-Syāfi’ī fī Is|bat al-Aqīdah. Riyad: Adlwā’ al-Salaf, 1998.
Bakar, Osman.“Konsepsi Atomistik tentang Alam dalam Teologi Asy’ariyah”dalam Tauhid dan Sains: Esai-esai tentang Sejarah dan Filsafat Sains Islam.Bandung: Pustaka Hidayah, 1994.
Fadl, Khaled Abou El.Speaking in God's Name: Islamic Law, Authority and Women.Oxford: Oneworld, 2001.
Al-Farūqi, Ismāil Raji.“Huqūq Ghayr al-Muslimīn fī al-Dawlah al-Islāmiyyah: Al-Awjūh al-Ijtimā’iyyah wa al-S|aqafiyyah”,dalam Jurnal al-Muslim al-Mu’āsir, 264, 1981.
Al-Ghazāli, Abu Hāmid Muhammad.al-Iqtis{ād bi al-I’tiqād. Beirut: Dār Kutaiba, 2003.
________.Tahāfut al-Falāsifah, Sulaiman Dunyā (ed). Mesir: Dār al-Ma’ārif, 1966.
________.al-Mustasfā. Mesir: al-Matba’ah al-Amīriyyah, 1902.
Hallaq, Wael B. "Was the Gate of Ijtihad Closed?", dalam International Journal of Middle East Studies, Vol. 16, 1984.
Al-Irāqi, Ahmad bin Abdurrahīm.al-Ghaūts al-Hāmi’. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2004.
Al-Jābiri, M. Abid, Bunyāh al-Aql al-‘Arabī. Beirut: Markāz Dirāsat al-Wahdah al-‘Arabiyyah, 2009.
Kasīr, Ibnu.Tafsīr Al-Qur’ān al-‘Azīm. Beirut: Dār Ibnu Hazm, 2000.
Mahfudz, M. A. Sahal. Nuansa Fiqh Sosial. Yogyakarta: LKiS, 2012.
Makdisi, George. The Rise of Humanism in Classical Islam and the Christian West: With Special Reference to Scholasticism. Edinburgh: Edinburgh University Press, 1990.
Mandzur, Ibnu. Lisān al-‘Arab. Kairo: Dar al-Ma’ārif, t.t.
Mustaqim, Abdul. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: LKiS, 2012.
Al-Rāzi, Fakhruddīn. Mafātih al-Ghaīb. Beirut: Dār al-Fikr, 1981.
Al-Shadr, Muhammad Baqīr. Falsafatunā : Dirāsah Maudū’iyyah fī Mu’tarak al-Sira’ al-Fikr al-Qā’im bayna Mukhtalāf al-Tayyārāt al-Falsafiyah wa Khasah al-Falsafah al-Islāmiyah wa al-Māddiyah al-Diyāliktiyyah (al-Markisiyyah). Beirut: Dār al-Ta’āruf al-Matbu’at, 1989.
Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2007.
Al-Suyūthi, Jalāluddīn Abi Abd. Rahman. Lubāb al-Nuqūl Fī Asbāb al-Nuzūl. Beirut: Mu’assasah al-Kutub al-Saqāfiyyah, 2002.
Syahrūr, Muhammad. Nahwa Usūl al-Jadīdah li al-Fiqh al-Islāmi.Damaskus: al-Ahali, 2000.
Al-Syelkhāni, Umar bin Abdul Azīz. Mabāhis| al-Takhsīs‘Inda al-Usūliyyīn. Yordania: Dār Osāma, 2000.
Al-Wāhidī. Asbābu Nuzūl Al-Qur’ān. Mesir: Dār al-Kutub al-Jadīd, 1969.
Al-Zamakhsyari. al-Kasysyāf ‘an Haqā’iqi Ghawāmid al-Tanzīl wa ‘Uyūn al-Aqāwil fi Wujūh al-Ta’wīl. Riyad: Maktabah Ubaikan, 1998.
Al-Zarkāsyī, Abdullah. Al-Burhān fī ‘Ulūm Al-Qur’ān. Kairo: Dār al-Turās, 1957.
Al-Zarqāni, Muhammad Abd. Azīm. Manāhil al-‘Irfān fī ‘Ulūm al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Kitab al-‘Arabī, 1995.
Zayd, Nasr Hāmid Abu. al-Khitāb wa al-Ta’wīl. Beirut: al-Markāz al-Saqāfī al-‘Arabi, 2003.
________. al-Nasswa al-Sultah wa al-Haqīqah: Irādah al-Ma’rifah wa Irādah al-Haymanah. Beirut: Markāz al-Saqāfī al-Arabī, 2000.