METODOLOGI PEMIKIRAN HUKUM ISLAM TENTANG WAKAF (Studi Analisis Yuridis Relasi antara Hukum Agama dan Negara)

  • Syafruddin Syam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: metodologi, wakaf, epistemologi, hukum Islam, hukum nasional

Abstract

Studi tentang hukum Islam dalam bidang sosial ditemukan adanya pelembagaan wakaf. Wakaf tidak hanya merupakan ibadah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah saja, namun pada perkembangannya telah menjadi yang integral dalam kehidupan bernegara. Akan tetapi tidak banyak pihak yang memandang perjalanan wakaf yang telah mengambil bentuk kebijakan negara juga dianggap sebagai bagian pranata hukum yang integral dengan agama. Agama dan negara yang seharusnya disikapi sebagai dua sisi lembaga sosial yang saling mengisi harus diletakkan sebagai dua hal yang saling mendukung dan menguntungkan. Karenanya perlu kesadaran epistemologis tentang wakaf dalam relasinya sebagai hukum agama dan hukum negara. Kesadaran epistemologis ini diharapkan agar pelembagaan wakaf, baik oleh agama maupun negara, akan sama-sama memberikan kemaslahatan yang maksimal bagi masyarakat.

References

Abdurrahman. Masalah Penwakafan Tanah Milik dan Kedudukan Tanah Wakaf di Negata Kita. Bandung: Citra Aditya Bhakti, 1990.
Akmaluddin (et.all). Wakaf. Bandung: Ciptaka Pustaka Media, 2013.
Al-‘Aini Abu Muhammad Mahmud ibn Ahmad. Al-Binayah fi Syarh al-Hidayah. Libanon: Dar al-Fikr, 1990
Ali, Muhammad Daud. Sistem Ekonomi Islam Zakat dan Wakaf. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1989.
Al-Alim, Yusuf Hamid. Al-Maqasid al-'Ammah li asy-Syari'ah al-Islamiyah. Riyad: Dar al-‘'Ilmiyyah li al-Kitab al-Islamiy, 1994.
Ananda, Faisar. Metodologi Penelitian Hukum. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2010.
Al-Siba'i, Mustafa. Sistem Masyarakat Islam, terj. A. Malik Ahmad. Jakarta: Mulya, 1964.
Azizy, Qodri. Eklekstisisme Hukum Nasional: Kompetisi Antara Hukum Islam dan Hukum Umum. Yogyakarta: Gama Media, 2002.
Bisri, Cik Hasan. “Perwujudan Hukum Islam dalam Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia.” Jurnal Mimbar Hukum, No. 41 XI, tahun 2000.
Al-Bukhari, Muhammad ibn Isma’il Abu ˋAbd Allah al-Ja’fi. Sahih al-Bukhari. Damaskus: Dar Thauq al-Najah, 1422 H.
Chozin, Nur. “Penguasaan dan Pengalihan Manfaat Wakaf Syuyu’ (Tergabung).” Mimbar Hukum Nomor 18 Tahun VI. Jakarta: Al-Hikmah, 1995.
Darji Darmodiharjo dan Shidarta. Pokok-Pokok Filsafat Hukum: Apa dan bagaimana Filsafat Hukum di Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1999.
Departemen Pendidikan dan kebudayaan RI. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.
Al-Dimasyq. Rahmah al-Ummah fi Ikhtilaf al-A’immah. Beirut: Dar al-Fikr, 1981.
Al-Din, Imam al-Kasani Abu Bakr bin Mas'ud bin Ahmad Alaʻ (w, 587 H). Bada’iʻ al-Sana’i’ fi Tartib al-Syaraʻi’. Beirut: Dar al Fikr, 1997.
Fathurrahman, Tata. “Wakaf dan Usaha Penanggulangan Kemiskinan Tinjauan Hukum Islam dan Peraturan Perundang-Undangan: Studi Kasus Peneglolaan Wakaf di Kota Bandung.” disertasi. Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Indonesia, tahun 2006.
Fikri, Sayyid Ali. Al-Mu'amalah al-Madiyyah al-Adabiyyah. Mesir: Mustafa al-Babi al-Halibi, 1038 H.
Fyzee, A.A. Pokok Pokok Hukum Islam II, terj. Bey Arifin. Jakarta: Tintamas, 1961.
A. Faisal Haq dan Syaiful Anam. Hukum Wakaf dan Penvakafan di Indonesia Pasuruan: Garoeda Buana Indah, 1993.
Ibn Mansur al-Afriqiy al-Misriy, Lisan al-'Arab. T.tp: Dar as-Sadr li at-Taba'ah wa an- Nasyr, 1956.
Ibnu ˋAbidin Muhammad bin Amin bin ˋUmar. Radd al-Mukhtar ‘ala al-Dur al-Mukhtar: Syarh Tanwir al-Absar. Beirut: Dar al-Fikr, 1997.
Kattsoff , Louis O. Filsafat, terj. Soejono Soemargono. Yogyakarta: Tira Wacana Yogya, 1989.
Al-Khatib, Muhammad. Al-Iqna’. Beirut: Dar al Ma'rifah, t.t.
Khosyi’ah, Siah. Wakaf dan Hibah Perspketif Ulama Fikih. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Lubis, Nur A Fadhil. Hukum Islam dalam Kerangka Fiqh dan Tatanan Hukum Indonesia. Medan: IAIN Press, 1995.
Lukito, Ratno. Hukum Sakral dan hukum Sekuler: Studi tentang Konflik dan Resolusi dalam Sistem Hukum Indonesia. Jakarta: Pustaka Alvabet, 2008.
Mahfud MD., Moh. Politik Hukum di Indonesia. Jakarta: LP3ES, 1998.
Al-Muqaddas , al-Khusni., Fath al-Rahman. Indonesia: Maktabah Dahlan, t.t.
Mustafa, Ibrahim, et.all. Mu'jam al-Wasit Mesir: Dar ad Daˋwah, 1992.
Nasution, M.Yasir. “Urgensi Wakaf dalam Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi yang Mandiri.” Dalam Harun Ar-Rasyid (ed). Kehidupan Bersendikan Kesalehan: Esai-Esai Keislaman dalam Bingkai pemberdayaan Umat. Medan: IAIN Press, 2010.
Nasyee, Imran Ahsan. Islamic Jurisprudence (Usul al-Fiqh). Petaling Jaya, Malaysia: The Other Press, 2003.
Pagar. Himpunan Peraturan Perundang-undangan Peradilan Agama. Medan: Perdana Publishing, 2010.
Qahf, Mundzir. Al-Waqf fi al-Islami: Tatawwuruh, Idarutuh, Tanmiyyatuh. Damaskus: Dar al Fikr, 2000.
Qal’aji, Muhammad Rawas. Mu'jam Lughat al-Fuqahaʻ Beirut: Dar al-Nafasa’is, 1988.
Rachmat, Nazaroedin. Harta Wakaf. Jakarta: Bulan Bintang, 1964.
Al-Ramli. Nihayah al-Muhtaj ila Syarh al-Minhaj. Beirut: Dar al-Fikr, 1984
Sabiq, Al-Sayyid. Fikih Sunnah, terj. Mudzakir AS. Bandung: Al-Ma'arif, 1988
Al-Samarqand, Abu Muhammad ‘Abd Allah ibn ˋAbd ar-Rahman ibn al-Fadl ibn Bahram ibn ‘Abd al-Samad al-Darimi al-Tamimi. Sunan al-Darimi. t.tp: Dar al-Mughni li al-Nasyr wa al-Tauzi’ al-Mamlakah al-‘Arabiyyah al-Su’udiyyah, 2000 M.
Shomad, Abd. Hukum Islam: Penormaan Prinsip Syariah dalam Hukum Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Al-Syarbini, Al-Khatib. Mugni al-Muhtaj. Beirut: Dar al-Fikr, t.t.
Al-Sya’rani. Al-Mizan al-Kubra. Beirut: Dar al-Fikr, 1981.
Al-Syatibi. Al-Muwafaqat fi Usul al-Ahkam. Beirut: Dar al-Fikr, 1341 H.
Yunus, Muhammad. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung, 1987.
Zakariya, Imam an-Nawawi Yahya bin Syaraf Abu. Tahrir Alfaz al-Tanbih. Damaskus: Dar al-Qalam, 1408 H.
Al-Zuhayli, Wahbah. Al-Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj. Beirut: Dar al-Fikr, 1991
_______. Usul al-Fiqh al-Islami. Beirut: Dar al-Fikr, 1986
_______. Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh. Damaskus: Dar al Fikr, 1987.