NILAI-NILAI KEMANUSIAAN DALAM LEGISLASI HUKUM ISLAM DI INDONESIA

  • Moh. Dahlan
Keywords: nilai-nilai kemanusiaan, DUHAM, Legislasi, hukum Islam, hukum Indonesia

Abstract

Pemberlakukan syariat Islam banyak mendapatkan kritikan karena dianggap berpotensi melanggar Hak Asasi Manusia sebagaimana pemikiran Bassam Tibi. Namun demikian, hal ini berbeda dengan pandangan Muhammad Arkoun dan Hasan Asy-Syarqawi yang menerima pemberlakuan nilai-nilai kemanusiaan dalam ajaran hukum fiqh/Islam untuk ditransformasi ke dalam pembangunan hukum nasional. Berdasarkan permasalahan tersebut, kajian ini dapat dirumuskan sebagai berikut, bagaimana penegakan nilai-nilai kemanusiaan dapat diwujudkan dalam pembangunan hukum di Indonesia. Adapun jenis pendekatan kajian ini adalah kajian politik hukum yang meneliti nilai-nilai fikih kemanusiaan dalam pembangunan hukum di Indonesia. Hasil penelitian menyebutkan bahwa sejarah pertumbuhan dan perkembangan fikih/hukum Islam sangat terkait dengan dinamika kehidupan aktual dari manusia, bahkan eksistensi hukum ditentukan dengan kepentingan hidup manusia sebagaimana pandangan pakar hukum Najmuddin Atu-Tuhfi dan Philip K Hitti. Ajaran-ajaran hukum Islam memiliki oreintasi untuk menjawab masalah-masalah aktual kemanusiaan sebagaimana Nabi Muhammad saw telah dipratikkan Nabi dan penerusnya. Nilai-nilai kemanusiaan ini kemudian mendapatkan momentunnya yang baik ketika hak asasi manusia menjadi kebijakan umum dalam Dekralasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM). Dalam sistem bangunan hukum di Indonesia, unsur hak asasi manusia tidak boleh dinafikan dan juga sekaligus unsur kekosongan hukum juga harus diperhatikan, sehingga eksistensi hukum yang lahir dari norma agama atau budaya masyarakat dapat diakomodir sebagaimana regulasi hukum yang berlaku di Indonesia.

Author Biography

Moh. Dahlan
IAIN Bengkulu

References

Abdullah, M. Amin. Studi Agama: Normativitas dan Historisitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
Abu Zahrah, Muhammad. Ushul Fiqh, terj. Saefullah Ma’sum. Pajeten Barat: PT Pustaka Firdaus dan P3M 1997.
Aibak, Kutbuddin. Kajian Fiqh Kontemporer. Yogyakarta: Teras, 2009.
al-Halawi, Muhammad Abdul Aziz.Fatwa dan Ijtihad Umar bin Khattab: Ensiklopedia Berbagai Persoalan Fiqh. Surabaya: Risalah Gusti, 2003.
Ali, Perveen Shaukat. “Equality As A Basic Human Right in Islam”.Dalam Tahir Mahmoud Ed.Human Rights in Islamic Law. New Delhi: Jamia Nagar, 1993.
al-Jazairy, Abd al-Rahman. Kitab al-Fiqh 'ala Mazhahib al-Arba'ah, Juz I, Bairut Dar al-Fikr, 1.990.
al-Mawdudi, AbulA‘la.Hak-hakAsasi Manusia, terj. Bambang Iriana Djajaatmadja. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Amiruddin, M. Hasbi. Konsep Negara Menurut Fazlur Rahman. Yogyakarta: UII Press, 2000.
Anderson, James Norman Dalrymple.Hukum Islam di Dunia Modern, terj.MachnunHusein. Surabaya: CV. Amrpress, 1991.
An-Na’im, Abdullahi Ahmed. “Toward an Islamic Hermeneutics for Human Rights”.DalamAn-Na’im, Jerald D. Gort, Henry Jansen dan Hendrik M. Vroom Eds. Human Rights and Religious Values: An Uneasy Relationship?.Amsterdam: Rodopi, 1999.
An-Na’im, Abdullahi Ahmed.Toward an Islamic Reformation; Civil Liberties, Human Rights and International Law. Syracuse: Syracuse University Press, 1990.
Anshori,AbdulGhofur.FilsafatHukum: Sejarah, AlirandanPemaknaan. Yogyakarta: GadjahMada University Press, 2006.
Asshiddiqie, Jimly. “Negara Hukum Indonesia”.Ceramah Umum dalam rangka Pelantikan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Universitas Jayabaya, di Jakarta, Sabtu, 23 Januari 2010.
Asshiddiqie, Jimly.“Konstitusi dan Hak Asasi Manusia”.MakalahLecturePeringatan 10 TahunKontras, Jakarta, 26 Maret 2008.
Asy-Syarqawi, Hasan.Manhaj Ilmiah Islami, terj. A M Basalamah. Jakarta: Gema Insani Press, 1994.
Binder, Leonard. Islam Liberal; Kritik terhadap Ideologi-ideologi Pembangunan, terj. Imam Muttaqin. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Dahlan, Moh. Abdullahi Ahmad An-Na’im: Epistemologi Hukum Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Dahlan,Moh. “Kebebasan Beragama Menurut Pemikiran Hak Asasi Manusia (HAM) Abdullah Ahmed An-Na’im”, tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga, 2003.
E.Howard, Rhoda E. HAM; Penjelajahan Dalih Relativisme Budaya, terj. Nugraha Katjasungkana. Jakarata: Grafiti, 2000.
Esposito, John L., Ed. The Oxford Ecyclopedia of The Modern Islamic World, III dan IV. New York: Oxford University Press, 1995.
Esposito, John L., dan John O. Voll.Demokrasi di Negara-negara Muslim: Problem dan Prospek, terj. Rahmani Astuti. Bandung: Mizan, 1998.
Hamidi, Jazim, dkk.Optik Hukum; Menggagas Peraturan Daerah yang Responsif dan Berkesinambungan.Jakarta : Prestasi Pustakarya, 2011.
Haryatmoko. “Apa Yang Tersisa dari Agama”. Dalam Majalah Basis, Nomor 05-06 2002.
Hitti, Philip K. History of Arabs: Rujukan Induk dan Paling Otoritatif tentang Sejarah Peradaban Islam, terj. R Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi. Jakarta: PT Serambi Ilmu, 2010.
http://www.kontras.org/uu_ri_ham/UU%20Nomor%2039%20Tahun%201999%20tentang%20Hak%20Asasi%20Manusia.pdf, diakases 26 Februari 2015.
Kant, Immanuel. Kritik der Urttheilskrft (Critique of Judgement), terj., J.H. Bernhard. New York: Hefner Press, 1951.
Khallaf, Abdul Wahhab.‘Ilm Ushul al-Fikih. Kuwait: Dar al-Qalam, t.th.
“Kumpulan Prangkat HAM Internasional”. Dalam Panduan Pelatihan Monitoring, Investigasi dan Advokasi HAM, Pontianak 3-9 Juli 2001, oleh Insist, CHRF dan Jaringan Edukator HAM Kalimantan.
Kusnadi, Didi. “Hukum Islam di Indonesia: Tradisi, Pemikiran, Politik Hukum dan Produk Hukum”. Dalam http://badilag.net/data/ARTIKEL/WACANA%20HUKUM%20ISLAM/HUKUM%20ISLAM%20DI%20INDONESIA.pdf
Lindolm, Tore, dan Karl Vogt, Eds. Dekonstruksi Syari‘at II, terj. Farid Wajdi. Yogyakarta: LKiS,1996.
Lopa, Baharuddin.Al-Qur’an dan Hak-hak Asasi Manusia. Yogyakarta: PT. Dana Bakti Prima Yasa, 1996.
MacDonald.Development of Muslim Theology Jurisprudence and Constitutional Theory. New York: Charles Scribner’sons, 1903.
Mahfud MD, Moh. “Capaian dan Proyeksi Kondisi Hukum Indonesia”. Dalam Jurnal Hukum Nomor03 Volume 16 2009.
Mahfud MD,Moh. “Permasalahan Aktual Koordinasi Prolegnas”. Disampaikan dalam Lokakarya 30 Tahun Prolegnas, oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional Departemen Hukum dan HAM RI, Hotel Sahid Jakarta, Tanggal 19 s/d 21 November 2007.
Mahfud MD, Moh. “HukumNasional Yang Islami”. Dalam http://www.mahfudmd.com/index.php?page=web.OpiniLengkap&id=32. Diakses 6 Agustus 2012.
Mas’udi, Masdar F. Islam & Hak-hak Reproduksi Perempuan, Cet II.Bandung: Mizan, 1997.
Masdar, Umaruddin. Gus Dur: Pencinta Ulama Sepanjang Zaman, Pembela Minoritas Etnis-Keagamaan. Jakarta: DPP PKB dan Yogyakarta: KLIK.R, 2005.
Risakotta, Bernerd T. Adeney. “Reformasi Gereja dan HAM”.Dlam Jurnal Filsafat dan Teologi, Nomor 11 Tahun 1998.
Rofiq, Ahmad. Fiqh Kontekstual: . Dari Normatifke Pemaknaan Sosial. Yogyakarta: Kerjasama Pustaka Pelajar dengan LSM Damar Semarang, 2004.
Shacht, Joseph. An Introduction to Islamic law. Oxford: University Press, 1996.
Shihab, Alwi.Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama. Bandung: Mizan,1999.
Shihab, M Quraish. Rasionalitas al-Qur’an: Studi Kritis terhadap Tafsir al-Manar. Jakarta: Lentera Hati, 2006.
Siroj, Said Aqil.Islam: Sumber Inspirasi Budaya Nusantara Menuju Masyakarat Tamaddun. Jakarta: LTN NU, 2014.
Smith, Charles D. “Sekularisme”.Dalam John L. Esposito (ed.), The Oxford Ecyclopedia of the Modern Islamic World, New York: Oxford University Press, 1995.
Wahid, Abdurrahman. Islamku, Islam Anda, Islam Kita: Agama Masyarakat Negara Demokrasi. Jakarta: The Wahid Institute, 2006.
Published
2017-02-23