PROBLEMATIKA PERDAGANGAN ONLINE: TELAAH TERHADAP ASPEK KHIYAR DALAM E-COMMERCE

  • Abdul Ghofur
Keywords: khiyar, e-commerce, transaksi, jual beli, kerelaan

Abstract

Tulisan ini menelaah keberadaan elemen khiyar dalam transaksi jual beli melalui internet atau e-commerce. Dalam konsep fikih, khiyar merupakan satu konsep yang melekat dalam transaksi jual beli. Khiyar dalam bisnis Islami memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk menjaga kepentingan, transparansi, kemaslahatan, kerelaan kedua belah pihak yang melakukan transaksi serta melindungi mereka dari bahaya dan kerugian bagi semua pihak. Akan tetapi khiyar dalam transaksi e-commerce terdapat beberapa persoalan, antara lain tidak bertemunya dua orang yang bertransaksi dan tidak adanya barang pada saat tersebut.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis khiyar yang dapat diberlakukan dalam e-commerce berbeda dengan jual beli sistem tradisional. Pertama, dengan tidak adanya pertemuan langsung antara penjual dan pembeli maka e-commerce tidak mungkin melakukan khiyar al-majlis. Kedua, pada prinsipnya dalam  e-commerce ini yang paling mungkin untuk diterapkan adalah khiyar al-syart. Meski demikian, e-commerce dengan model pembayaran sebelum pengiriman, merchant dapat juga menerapkan khiyar al-aib. Demikian pula dalam e-commerce model  cash on delivery (COD), merchant dapat menerapkan khiyar al-ru’yah, namun keduanya sudah harus diperjanjikan dulu. Dengan demikian khiyar al-syart dapat menjadi pengikat kedua khiyar yang lain tersebut.

Author Biography

Abdul Ghofur
UIN Walisongo Semarang

References

al-Kasani, Abu Bakr ibn Mas’ud ‘Alauddin. Bada’i as-Sana’i fi Tartib asy-Syara’i, jilid 5. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1986.
al-Misri, Abd as-Sami’. Pilar-pilar Ekonomi Islam, terj. Dimyauddin Djuwaini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
asy-Syirbini, Muhammad ibn Ahmad. Mugn al-Muhtaj, juz 2. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1994.
Amin, Khoirul. “Tinjauan Maslahah Atas Hak Khiyar Terkait Syarat Keperawanan” dalam Tafaqquh, Vol. 3 No. 1, 2015.
Consoli, Domenico. The Global Market Of Small Businesses By E-Commerce Platforms. Challenges Of The Knowledge Society, 2016.
Ding, Julian. E-Commerce:Law and Office. Malaysia: Sweet and Maxwell Asia, 1999.
Elbadriati, Baiq. “Rasionalitas Penerapan Khiyar dalam Jual Beli Islam”, dalam Iqtishaduna, Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 5, No. 1, 2014.
Haroen, Nasrun. Fiqh Muamalah, Cet. ke-2. Jakarta: Gaya Media Pratama: 2007.
Haryono, PM Budi. Motivasi Konsumen Membeli pada Toko Ritel Modern, dalam Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Vol. 13, No. 2, (2013).
Hidayat, Rizal Arifin. “ Web E-Comerce Pada Tripio Komputer Menggunakan Pendekatan Business To Custemer (B2c)” dalam Jurnal Telematika, Vol. 5 No. 2 (2012).
http://gaya.tempo.co/read/news/2013/07/19/108497757/cash-on-delivery-tantangan-di-bisnis-online.
https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan.
https://www.maxmanroe.com/melihat-layanan-pembayaran-cod-ecommerce-di-indonesia.html,
Husaini, M. “Bisnis E-Commerce dalam Perspektif Islam”, dalam Jurnal Ilmu Dakwah Dan Pengembangan Komunitas, Vol. 9, No. 2, Juli 2014.
Indrajit, Richardus Eko. E-Commerce: Kiat dan Strategi Bisnis di Dunia Maya. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2001.
Nica, E. (2015). Environmentally Sustainable Transport And E-Commerce Logistics. Economics, Management And Financial Markets, 10.
Noor, Mohd. Murshidi Mohd., dkk. The Rights of Khiyar (Option) in the Issue of Consumerism in Malaysia, Middle-East Journal of Scientific Research Vol. 13, No. 2, 2013.
Purbo, Onno W. dan Aang Arif Wahyudi. Mengenal E-Commerce. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2001.
Ibn Quddamah, Muwaffaq ad-Din ibn Abd Allah ibn Ahmad Ibn Muhammad. al-Mugni, jilid 3. Kairo: Maktabah al-Qahirah, Tanpa Tahun.
Risma, Andi. Analisis Yuridis Jual Beli Barang Melalui Toko Online (E-Commerce), Jurisprudentie, Vol. I, No. 2. (2014)
Sabiq, as-Sayyid. Fiqh al-Sunnah. Beirut: Dar al-Kitab al-‘Arabi, 1977.
Sana'a, N.M. Recognition And Measurement Obstacles Of The Conceptual Framework Of Financial Accounting Underlying E-Commerce Business. Journal Of Internet Banking And Commerce, 21(1), (2016). 1-20.
Setiyawan, Wijayanto, Aspek Hukum Kontrak Dagang Via Internet (Cyberspace Transactions) dalam Perspektif Sistem Hukum Islam, dalam Ijtihad, Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan, Vol. 10, No. 2 (2010)
Syafe’i, Rahmat. Fiqh Muamalah. Bandung: Pustaka Setia, 2000.
Syaifullah, M. S.. Etika Jual Beli dalam Islam, dalam Hunafa: Jurnal Studia Islamika, Vol. 11, No. 2, (2014)
As-Subky, Taqiy ad-Din, Abu Bakr Muhammad ibn al-Mu’min. Kifayah al-Akhyar. Semarang: Toha Putera, tt.
Tim Litbang Wahana Komputer, Apa dan Bagaimana E-Commerce. Yogyakarta: Andi, 2001.
Tim Penyusun. Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Jakarta: Mahkamah agung RI, 2013.
Tosin, Rijanto. Cara Mudah Belajar e-Commerce di Internet. Jakarta: Dinastindo, 2000.
Zuhaili, Wahbah. al-Fiqh al-Islami wa ‘Adillatuh. Jilid 4. Beirut: Dar al-Fikr, 1984.
Published
2017-02-23