Abstract

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu lembaga yang berupaya untuk menyelenggarakan pembinaan pendidikan yang ditujukan kepada anak sejak usia tiga sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut diperlukan suatu upaya dari seorang pemimpin untuk menjadikan lembaga PAUD menjadi lembaga yang dapat mengembangkan potensi anak usia dini sesuai dengan harapan orangtua dan masyarakat. Kepala sekolah sebagai pemimpin harus dapat melaksanakan fungsi - fungsi manajerial seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemberian motivasi, pelaksanaan, pengorganisasian, pengendalian, evaluasi dan inovasi.
Kepala Sekolah harus dapat memotivasi guru untuk memiliki kreativitas yang tinggi agar kualitas pembelajaran berhasil dengan baik. Untuk memberikan motivasi,  pemimpin / kepala sekolah dapat melakukan berbagai upaya seperti misalnya : Menciptakan dan mengembangkan suasana organisasi yang merangsang kreativitas, sikap pemimpin yang terbuka seperti kesediaan mendengar , menanggapi, menghargai, dan mempertimbangkan setiap kreativitas dari guru / pendidik. Usaha ini dapat dikembangkan dengan pemberian insentif, reward baik dalam bentuk material maupun non material. Menciptakan dan mengembangkan kerjasama yang dapat menumbuhkan perasaan ikut bertanggungjawab dalam mewujudkan usaha mengembangkan dan memajukan lembaganya, seperti mengadakan MOU dengan organisasi wirausaha atau instansi pemerintah untuk menambah pengetahuan dan kreativitas anak.  
Dalam era globalisasi saat ini, kreativitas merupakan pendukung  kerja yang penting untuk memajukan sebuah lembaga pendidikan khususnya lembaga PAUD, karena kemajuan suatu Lembaga PAUD  sangat tergantung pada sumbangan kreatif yang berupa ide-ide baru dan teknologi baru dari guru maupun masyarakat. Motivasi dan kreativitas dalam kepemimpinan PAUD adalah dua hal yang saling berhubungan dan mempunyai keterkaitan. Tanpa Motivasi kreativitas tidak akan berkembang, karena seringkali kreativitas seorang guru tidak terlihat karena tidak adanya motivasi dari pimpinan. Upaya meningkatkan motivasi dan kreativitas dalam kepemimpinan PAUD sangat diperlukan untuk memajukan suatu lembaga agar lebih berkembang dan berkualitas.