Pembelajaran Strategi Feedback untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa DIII Teknik Komputer Politeknik Harapan Bangsa

Adi Candra Kusuma

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi kurang adanya feedback dari dosen yang mengakibatkan mahasiswa kebingungan karena penguasaan materi semakin sulit. Hal ini berdampak pada kurangnya prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan strategi feedback untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Prestasi belajar mahasiswa dilihat dari nilai evaluasi mahasiswa didukung dengan nilai dan tugas post test. Media yang digunakan adalah modul pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (class room action research) dengan kegiatan yang telah diskemakan. Subjek adalah mahasiswa semester I pada mata kuliah matematika materi kombinatorial tahun kuliah 2015/2016 yang terdiri dari 38 mahasiswa. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, lembar angket/kuesioner, jurnal harian, lembar wawancara dan lembar tes yaitu post test dan evaluasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. DAta yang digunakan untuk analisis adalah hasil dari test mahasiswa, lembar observasi, lembar angket. Dari hasil perhitungan prosentase diperoleh nilai Post test siklus I sebesar 38,89% dan siklus II sebesar 79,41%. Hasil lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menuinjukkan siklus I sebesar 65,875% dan siklus II sebesar 75,5% artinya pelaksanaan pembelajaran melalui strategi feedback berjalan dengan baik. Hal tersebut ditunjukka oleh rata-rata siginifikan mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Strategi Feedback, prestasi belajar.

 

Abstract: This research is motivated because of the lack of feedback from lecturers which resulted in student's confusion and subject mastery become more difficult. This has an impact on the lack achievement of students. The study aims to determine the implementation of the strategy feedback in an effort to improve performance of student learning. Student achievment seen from tehe student evaluation is supported by the value of the task and the post test. The medium used is learning module. The method used of classroom action research eith the activities that have been schemed. The subjects were students of combinatorial mathematic, consisting of 38 students. The result of this research show that learning activity using feedback strategy goes well, and students has increased in value.

Keyword: Feedback Strategy, Learning Result.


Keywords


Kata Kunci: Strategi Feedback, prestasi belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

____________________. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

____________________. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Azwar, Saifudin. Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Liberty.

Hamalik, Oemar. 1980. Metode Mengajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

_____________. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasturi. 2009. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas II SMU Lab School Jakarta Timur. dalam http://kasturi82.blogspot.com/2009/01/hubungan-antara-kecerdasan-emosional.html. Di akses tanggal 20 Oktober 2015.

Sardiman A. M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Silverius, Sukc. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo.

Suparni dan Ibrahim. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UIN Press.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.24090/ins.v21i2.2016.pp143-161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Insania



 

Creative Commons License
INSANIA by http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/ibda is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats