Dongeng sebagai Desain Bahan Ajar Kreatif Bagi Anak Usia Dini (AUD) untuk Mengembangkan Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences)

Endah Kusumaningrum

Abstract


Abstrak: Pembelajaran (di sekolah) seringkali lebih mementingkan aspek kognitif, Guru, Orangtua, dan masyarakat pada umumnya masih memandang bahwa kecerdasan sebatas kemampuan akademik (logis-matematik). Paradigma yang dibangun yakni anak yang pintar adalah anak yang mendapat nilai tinggi, dan peringkat atas di kelas. Paradigma tersebut terlalu semoit jika ditelaah pada kecerdasan-kecerdasan lain yang secara fitrah dimiliki manusia. Howard Gardner menyebutkjan bahwa manusia memiliki delapan buah kecerdasan yang bisa dikembangkan dengan baik melalui pengarahan (pembelajaran) yang tepat. Kecerdasan-kecerdasan tersebut disebut kecerdasan jamak (multiple intelligences) yakni kecerdasan linguistik, kecerdasan logis-matematik, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetik tubuh, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis. Dongeng merangkum berbagai aspek yang dibutuhkan dalam proses perkembangan kecerdasannya seperti bahasa (linguistik), alur cerita (logika cerita), kepekaan sosial (interoersonal dan intrapersonal), konflik (ritme cerita), imajinasi (visual/spasial), gerak (kinestetik), dan alam (naturalis). Guru dapat mengemas bahan ajar menjadi menarik dengan dongeng, diharapkan apa yang diajarkan  akan mudah ditangkap dan dipahami oleh anak dengan baik, sehingga potensi-potensi kecerdasan yang dimiliki anak secara fitrah bisa berkembang dan melejit.

Kata Kunci : dongeng, bahan ajar kreatif, kecerdasan jamak.

 

Abstract: Education at schools are often more concerned with the cognitive aspect. Teachers, parents, and society in general in still view that intellegence is limited academic skills (logical-mathematical). There’s paradigm that the smart kid is who get high scores and rank top in the class. The paradigm is too narrow if reviewed at the other intellegences in the nature of human beings. Howard Gardner says that man has eight intelligences that can be developed well through approriate  direction (learning). There are linguistic, logical-mathematical, spatial, kinesthetic, musical, interpersonal, intrapersonal, and naturalist intellegence.Summarizes the various aspects required in the process of development of intellegence such as language (linguistic), the storyline (the logic of the story), social sensitivity (interpersonal and intrapersonal), conflict (the rhythm), imagination (visual/spatial), movement (kinesthetic), and nature (naturalist). Teachers can pack the teaching materials to be attractive to the fairy tale, that is expected to be easily grasped by children, so that the potential intellegence of nature child can be optimally developed.

Keyword: Story telling, creative teaching materials, plural intelligence.


Keywords


Kata Kunci : dongeng, bahan ajar kreatif, kecerdasan jamak.

Full Text:

PDF

References


Armstrong, Thomas. 2013. Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas. Jakarta: Indeks.

Asfandiyar, Andi Yudha. 2007. Cara Pintar Mendongeng. Jakarta: DAR! Mizan.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Hapsari, Melati Ismi. 2013. “Story Telling dan Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Membangun Karakter Bangsa melalui Sastra Anak yang diselenggarakan oleh Fakultas Sastra Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 18 Desember 2013.

Jindrich, Susan. 2005. How ti Help Children Learn. Yogyakarta: Book Marks.

Gardner, Howard. 2013. Multiple Intelligences. Diterjemahkan oleh: Yelvi Andri Zainur, Jakarta: Daras Book.

Kemendikbud. 2013. Dokumen Kurikulum 2013.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Kurniawan, Heru. 2013. Keajaiban Mendongeng. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer

Kurniawan, Heru. 2014. Pembelajaran Menulis Kreatif. Bandung: Alfabeta

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran Bahan Ajar. (Diktat Mata Kuliah Pengembangan

Bahan Ajar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)

Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.24090/ins.v21i2.2016.pp179-196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Indexed by: