Inovasi Pendidikan Berbasis Industri Kreatif Akademik Perguruan Tinggi dengan Sistem Teknologi Komunikasi dan Informasi untuk Peningkatan Ekonomi

Rahmini Hadi

Abstract


Abstrak: Industri kreatif akademik perguruan tinggi adalah industri yang dijadikan sebagai basis pengembangan ilmu pengetahuan di perguruan tinggi yang diorientasikan untuk mengatasi persoalan kualitas lulusan yang tidak kompetititf. Prinsip dasar industri kreatif akademik ini adalah menjadikan ilmu pengetahuan sebagai basis dan bahan untuk dikelola dengan prinsip industri sehingga menghasilkan produk. Produk yang mencerminkan substansi pengembangan keilmuan dan solusi atas problematika di masyarakat. Produk ini merupakan bentuk keberhasilan pendidikan perguruan tinggi dalam mengembangkan keilmuan. Produk hasil pendidikan berbasis industri kreatif ini kemudian akan memberikan keuntungan material pada industri kreatif ini kemudian akan memberikan keuntungan material pada institusi dan civitas akademika, baik secara profit maupun eksistensi. Keuntungan profit terkait dengan materi yang didapat atas penjualan dan distribusi produk ke konsumen atau masyarakat, sedangkan keuntungan eksistensial terkait dengan peningkatan mutu perguruan tinggi, terpublikasikannya perguruan tinggi, serta meningkatnya kualitas mahasiswa dan lulusan karena memiliki keterampilan khusus yang sesuai dengan bidang keilmuannya.

 

Kata Kunci: Industri Kreatif, Produk, Akademik, Teknologi Komunikasi dan Informasi.

 

Abstract: The issue unemployment of college graduates each year increased. This indicates the education patterns at universities need a new innovation to solve this problem. One of them through innovation in education based on academic creative indutries in university by using technologization of communication and information. Thus academic creative industries are educational activities which are managed such as insdustry to produce something. Product that is represented the development of science and society problematic solution. The creation and distribution of products made the technologization based on communication and information so that the creation of products in accordance with the field of science and people then there will be an increase in profit and the existence of institutions and professional college graduates and then it will be accepted in the work world after gradution. Its impact, it will be any increasing in society economy that is using the products as well as graduates who were employed, so it would create economic impact in society.

Keyword: Creative Industries, Products, Academic, University, Communication Technology and Informatics.


Keywords


Kata Kunci: Industri Kreatif, Produk, Akademik, Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Karen. 2000. Kecerdasan Jamak dalam Pembelajaran. Bandung:Nuansa.

Creswell, John. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Farrah, David. 2012. Membangun Industri Kreatif. Jakarta: Erlangga.

Gardner, Howard. 1981. Multiple Intellegences. Jakarta: Penerbit Daras.

Goleman, Daniel. 2014. Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia.

Kementerian Agama. 2014. Pengembangan Mahasiswa dan Kreativitas. Jakarta: Kementerian Agama.

Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. 2015. Pengembangan Kemahasiswaan Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.

Kurniawan, Heru. 2013. Keajaiban Mendongeng. Jakarta: BIP Gramedia.

___________.2013. Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Komunikatif-Apresiatif. Bandung: Rosda Karya.

____________.2015. Sekolah Kreatif. Pendidikan Untuk Kecerdasan Jamak Anak. Yogykarta: Arruz Media.

____________. 2015. Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesi. Jakarta: Prenada.

Mulyono, Mulead. 2015. Menggerakkan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Bumi AKsara




DOI: http://dx.doi.org/10.24090/ins.v21i2.2016.pp213-225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Indexed by: