Desain Kurikulum dan Pembelajaran Full Day School (Kelebihan dan Kekurangannya)

Muh Hanif

Abstract


Abstrak: Full day School adalah penyelenggaraan sekolah alternatif yang berbeda dengan program pembelajaran sekolah konvensional. Walaupun ada kelemahannya seperti kelelahan, kebosanan, beban berlebihan, namun terdapat banyak manfaatnya, yakni penyelenggara pendidikan dapat mendidik siswa secara utuh pada aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, penguatan keagamaan, dan dapat mengantarkan tujuan pendidikan yang digariskan oleh UNESCO yaitu learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together. Penyelenggaraan full day school mengacu pada kurikulum Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan kurikulum Departemen Agama. Pengorganisasian kurikulum secara integrated dan interdisipliner, dengan muatan pelajaran umum, pelajaran agama, muatan lokal kepemimpinan, ke-NU-an, ke-Muhammadiyahan, dan cinta alam.

Kata Kunci: Desain Kurikulum, Pembelajaran, Full Day School.


Abstract: Full day school organization of different alternatives to the conventional school learning program. Although there are weaknesses such as fatigue, boredom, an excessive burden, but there are lot of benefits, namely education providers can educate the students as a whole in the aspect of knowledge, skills, attitudes, strengthening religious, and can deliver the educational goals out lined by UNESCO, namely learning to know, learning to do, learning to be and learning to live together. Implementation of full day school curriculum of the Departement of Religion. Organizing the curriculum is integrated and interdiscplinary, with a cargo of general studies, religious studies, local content leadership, the NU’s, Muhammadiyah’s, and love of nature.

Keywords: Curriculum Design, Education, Full Day School.


Keywords


Kata Kunci: Desain Kurikulum, Pembelajaran, Full Day School

Full Text:

PDF

References


Astuti, Marfiah. 2013. “Implementasi Program Full day school sebagai Usaha Mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al-Ya’lu Kota Malang” . Jurnal Kebijakan Pengembangan Pendidikan Volume 1, Nomor 2, Juli 2013: 133-140

Azizah, Annisa Nurul. 2014. “Program Full day school Dalam Pengembangan Kemandirian Siswa Kelas IV di SDIT Insan Utama Bantul Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Baharuddin. 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Echols, John M. dan Hassan Shadily. 2005. Kamus Inggris Indonesia: An English-Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia

Hasan, Nor. 2006. “Full day School (Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Asing)”. Tadris Volume 1. Nomor 1.

Herawati, Erna. 2013. “Manajemen Kurikulum Full day school di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta”. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.

Mastuhu. 1999. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.

Mulyasa, E. 2009. Implementasi Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musholin. 2012. “Character Building di SD Al Hikamah 1 Surabaya”, Nuansa, Vol.9 No.2 Juli- Desember 2012.

Nanda, Renata Widya dan Moh. Mudzakkir. 2016. Tranformasi Sistem Pendidikan Full day school di Era Globalisasi. Semarang: Unnes.

Rizky, Azizah Afni. 2015. Problematika Pembelajaran Sistem Full day school Siswa Kelas 1 SDIT Al-Irsyad Tegal, Skripsi (Semarang: IAIN Walisongo)

Rosalina, Tiara. “Pengaruh Manajemen Pembelajaran Full Day School Terhadap Motivasi Belajar”. Manajemen Pendidikan Volume 23, Nomor 5, Maret 2012: 434-438.

Septiana, Ragella. 2011. “Pengelolaan Pembelajaran Program Full say school di SD Budi Mulia Dua, Yogyakarta”. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiyarini, Ida Nurhayati. Sutarno Joyoatmojom dan Sunardi. 2014. “Penerapan Sistem Pembelajaran “Fun& Full Day School’ Untuk Meningkatkan Religiustas Peserta Didik di SDIT Al Islam Kudus”. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2, hal. 231 – 244.

Sujudi, Aji. 2012. Pengelolaan Pembelajaran Full day School di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Wonogiri Kabupaten Wonogiri, Naskah Publikasi. Magister Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2012.

Steenbrink, Karel A. 1994. Pesantren, Madrasah dan Sekolah; Pendidikan Islam dalam Kurun Moderen. Jakarta: LP3ES

Widyowati, Lilies. 2014. “Pengembangan Kurikulum Terpadu Sistem Full day school (Studi Multi Kasus di Magelang dan SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang, SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang dan SD Terpada Ma’arif Gunungpring Magelang)” Program Pascasarjana. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.

Winurini, Sulis. 2016. “Wacana Penerapan Full day school untuk Siswa SD dan SMP”. Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial, Kajian Singkat terhadap Isu Aktual dan Strategis. Vol. VIII, No. 15/I/P3DI/Agustus/2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.24090/ins.v21i2.2016.pp226-241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Insania



 

Creative Commons License
INSANIA by http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/ibda is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats