Relevansi Antara Kondisi Penyelenggaraan dengan Buku Petunjuk Teknis Penyelengaraan Taman Penitipan Anak (TPA) di Kecamatan Bumiayu

Eko Sulistyasih

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini, Pertama, untuk mengetahui penyelenggaraan TPA di Kecamatan Bumiayu. Kedua, untuk mengetahui relevansi antara kondisi penyelenggaraan dengan buku petunjuk teknis penyelenggaraan TPA di Kecamatan Bumiayu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 3 orang pengelola pada ketiga TPA di atas, 6 orang tenaga pendidik pada TPA Lestari, 4 orang tenaga pendidik pada TPA al Ikhlas, dan 1 orang tenaga pendidik pada TPA Bina Mandiri. Dengan demikian, ada 14 orang sebagai populasi dalam penelitian ini. Sedikitnya jumlah populasi tersebut menjadikan penulis tidak mengambil sebagian dari mereka sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, ada kesesuaian antara kondisi penyelenggaraan dengan buku petunjuk teknis penyelenggaraan Taman Penitipan Anak (TPA) di TPA Lestari. Kedua, kondisi penyelenggaraan dengan buku petunjuk teknis penyelenggaraan Taman Penitipan Anak (TPA) di TPA al-Ikhlas adalah cukup sesuai. Ketiga, kondisi penyelenggaraan dengan buku petunjuk teknis penyelenggaraan Taman Penitipan Anak TPA) di TPA Bina Mandiri adalah cukup sesuai

Kata kunci: TPA, relevansi, buku petunjuk.

 

Abstract: The purpose of this study, firrst, to know the operation of the Daycare institution in Bumiayu District. Second, to determine the relevance of the conditions of implementation technical manual operation of Daycare in Bumiayu District. This research using quantitative is of the descriptive approach. The population in this study were 3 managers in the third Daycare above, 6 educators at Lestari Daycare, 4 educators at al-Ikhlas Daycare, and 1 educators at Bina Mandiri Daycare. The small of population makes the researcher does not take the some of them as samples. The results that: there is a match between the showed condition of implementation of the technical manual operation of Lestari Daycare. Meanwhile, the condition of the implementation of the technical manual operation of al-Ikhlas and Bina Mandiri Daycare are quite appropriate.

Keywords: Daycare, relevance, user guide. 


Keywords


Kata kunci: TPA, relevansi, buku petunjuk.

Full Text:

PDF

References


Afifudin dan Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Asmani, Jamal Ma'nun, 2010. Buku Pintar Playgroup. Yogyakarta: Buku Biru.

Asmawati, Luluk. 2014. Perencanaan Pembclajaran PAUD Bandung: Rosda.

Chourmain, M.A.S Imam. 2011. Pendekatan-Pendekatan Altenatif Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Jakarta: Rineka Cipta.

Dirjen PAUDNI 2011. Petunjuk Teknis Penyelanggaraan Taman Penitipan Anak. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

El-Khulugo, Ihsana. 2015. Manajemen PAUD Pendidikan Taman Kehidupan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hariwijaya, M dan Bertiani Eka Sukaca. 2009. PAUD: Melejitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: Mahardhika Penerbitan

Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini Jakarta: Luxima.

Hildayani, Rini, dkk 2013. Psikologi Parkcmbangan Anak Jakarta: Universitas Terbuka.

http / handle / 123456789/4 221 / D E D Y % 2 0 C A N D R A 2 % D I N A T A 2 0% 20070210201105% 20 (2) .pdf? scquencc 1

http://repostory.usu,ac.id/bitstream/123456789/17655/chapter%201.pdf

http://staff. uny. ac.id/site s / default / files / 13 23 o 99 97i http: ARTIKEL% 20LAYANAN% 20 PADA% 20ANAK9 20USIA% 20DINI pdf .

Latif, Mukhtar, dkk. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi Jakarta: Kencana

Masruroh, Ninik. 2014. Manajemen Inovasi Pembelajaran: Studi Multi Situs Penerapan Metode Sentra dan Lingkaran pada PAUD Unggulan Nasional Berbasis Islam di Tiga Kota jawa Tinnur Jakarta. Mitra Wacana Media

Mokong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatit Bandung: Rosda.

Muliawan, Jasa Ungguh. 2014. Metodologi Panetitian Pendidikan dengan Studi Kasus Yogyakarta: Gavamedia.

Mulyasa, E. 2014. Manajemen PAUD Bandung: Rosda. Musbikin, Imam. 2010. Buku Pintar PAUD dalam Perspektif lslam: Tuntunan Lengkap dan Praktis Para Guru PAUD Yogyakarta: Laksana

Prasetyono, Dwi Sunar. 2008. Biarkan Anakmu Bermain: Mengenal Manfaat dan Pengaruh Positif Permainan untuk Perkembangan Psikologi Anak Yogyakarta: Diva Press.

Putra, Nusa dan Ninin Dwi Lestari, 2012. Penelitian Kualitatif PAUD Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Risaldy, Sabil. 2014. Manajemen Pengeiolaan Sekolah Usia Dini Jakarta: Luxima.

Sajirun, Muhammad. 2012. Membentuk Karakter Islami Anak Usia Dini Solo: Era Adicitra Intermedia

Santoso, Soegeng. 2012. Dasar Dasar Pendidikan TK Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Bandung: Alfabeta.

Suyadi dan Dahlia. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Program Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences. Bandung: Rosda.

Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD Bandung: Rosda.

Suyadi. 2009. Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Powerbooks Publishing.

Wibowo Agus. 2013. Pendidikan Karaktor Usia Dini: Strategi Membangun Karakter di Usia Emas Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyani, Novan Ardy. 2015. Manajemen PAUD Bermutu: Konsep dan Praktik MMT di KB, TK/RA. Yogyakarta: Gavamedia.

Yamin, Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. 2013. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini, Ciputat: Referensi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24090/ins.v21i2.2016.pp242-257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Indexed by: