Kemampuan Menulis Pengalaman dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Show Not Tell dalam Pendidikan Quantum Learning

Elen Inderasari

Abstract


Abstrak: Penerapan pendekatan quantum learning dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis pengalaman. Hal ini ditandai dengan presentase apresiasi, keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis pengalaman yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Penerapan pendekatan quantum learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pengalaman. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan terbukti dari kegiatan pretest, test dan psot test (65,2), siklus II (71,9), dan III (75,6). Upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala dalam meningkatkan kemampuan menulis pengalaman melalui pendekatan quantum learning bisa diatasi dengan menerapkan strategi show not tell dan untuk meminimalkan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam hal ejaan, kalimat, seta paragraf maka guru peneliti mengajak siswa untuk menerapkan self correction, yaitu mengoreksi hasil karangan mereka sendiri dan langsung diperbaiki sehingga tidak terjadi kesalahan yang berulang.

Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Pengalaman, Quantum Learning.

Abstract: This research serves an analysis for depicting: 1) the writing skill an experiences can be developed through quantum learning approach for the students of fifth grade, State Elementary School 03, Kartoharjo, Municipality of Madiun, 2) the impacts of the implementation of quantum learning approach for the students of fifth grade, State Elementary School 03, Kartoharjo, Municipality of Madiun, 3) the efforts of teachers in developing students' writing skill on experiences in learning Bahasa Indonesia.This research makes use of Classroom Action Research under the collaboration of the researcher, the teachers and the students. The data for analysis are drawn from: informers (the teachers of Bahasa Indonesia subject and the students), the site and action which cope with the process of learning Bahasa Indonesia trough writing experiences during the class, the documents which cover the materials of writing. The data withdrawal is done under observation, interview, test and questionnaire techniques. The data are then qualitatively analyzed under comparative descriptive technique to compare the scores gained among cycles each of which covers: 1) preparation, 2) action, 3) observation and evaluatian and 4) reflection. The analysis brings about condusions that quantum learning approach has a significant influence on the development of students' writing skill and learn ing activity for the students of fifth grade of State Elementary School 03 Kanigoro, Kartoharjo, Municipality of Madiun. The reflection through indicators shows that: approach, teachers are capable of generating students learning motivation, 3)teachers are comfortable in implementing quantum learning approach, 4) teachers are capable of managing the class well, and 5) students grades up writing skill scores through report, by 65.2 in pretest, 71.9 in test and 75.6 in post test in average.

Keywords: writing skill, experiences, quantum learning. 


Keywords


Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Pengalaman, Quantum Learning.

Full Text:

PDF

References


Ano Karsana. 1986. Keterampilan Menulis Buku Materi Pokok Jakarta: Karunika UT.

Agus Suriamiharja, Akhlan Husein, dan Nunuy Nurjannah. 1996. Menulis. Jakarta: Depdiknas.

Ahmad Rofi’udin dan Darmiyati Zuhdi. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi Malang: Universitas Negeri Malang.

Asrom. 1997. Belajar Mengarang dan Narasi hingga Argumentasi. Jakarta: E

Depdikbud. 1995. Kurikulum Sekolah Menengah Umum: Garis-Gans Besar Pogrann Pengajaran (GBPP) Mata Pelajaran Bahasa Indoncsia Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2002. Penilaian Berbasis Kelas Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas.

___________2003a. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas.

___________2003b. Kurikulum 2004. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan dan Sistem Penilaian Berdasarkan KBK SMA Mata Pelajaran Bahasa Sastra Indonesia, Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas.

Dikti. 2003. Pedoman Usulan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). htttp://www.dikti.org/p3m/files penelitian panduan PTK%20DIKTLdoc. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2006 pukul 15.30 WIB

Bobby De Potter, Mike Henarcki. 2005. Quantum Learning New York Dell Publising.

Burhan Nurgiantoro. 2005. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra Edisi ke-3 Yogyakarta: PT BFPE.

Doon Byme, 1988. Teaching Writing Skill New Edition Longman Group UK. Limited

David Nunao. 1999. Language Teaching Methodology A Terbooks For Teachers New York. Pratical Hall

Gorys Keraf 2000 Argumentasi dan Narasi Jakarta: PT, Gramedia Pustaka Utama.

Hairston, TIM Caudery, 1983. Process Writing: Techniques in Teuching Writing USA: Oxford University Press

H. B. Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Surakarta: Sebelas Marct University Press.

Henry Guntur Tarigan, 1993. Menulis Sebagai Suatu Ketcrampilan Berbahasa Bandung: Angkasa.

Jane B Wormunth. Wennoy 1983. ESL Campcsition Principles and Techniques. Cambridge: Newbury Home Publisher.

Jos Daniel Parera 1993. Menulis Tertib dan Sistematis Jakarta: Erlangga.

Kawit Muharlin, Djupnyanto, dan LWinarno Adiwardoyo. 1992. Pelajaran Menulis Bahasa Indonesia SMA Jakarta Kendang Sari.

Khaerudin Kunniawan. 2000. "Membina Kemahiran Menulis Mahasiswa dalam Jurmal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 024, Tahun ke-6

Khaerudin Kurniawan. 2006. Model Pengayaran Menulis Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Tingkat Lanjut http www.ialf.edu/kipbipa papers Kaherudin Kurniawan doc, diakses pada tanggal 8 Oktober 2006 pukul 13.50 WIB

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SDN 03 Kanigono, Kota Madiun 2007

Lexy J. Moleong 2000. Merodologi penelitian Kualitatif Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

M. Atar Semi 1990. Menulis Efektif Padang. Angkasa Raya

Muhaemin El-Ma'hady, 2004. Multikuulturalismedan Pendidikan Multikultural. http//artikel.us/muhaemin6-04.html. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2006 pukul 20.40 WIB

Muchlisoh, dkk. 1996. Mareri Pokok Pendidikan Baltasa Indonesia 3 Jakarta Universitas Terbuka.

Nyoman Degeng, 2005. "Orkestra Pembelajaran'.Makalah Disampaikan Pada Diskusi ilmiah Peningkatan Instnuksional. PP's UNS, 30 November 2005.

Robinson, Pauline C. 1998. Academic Writing London: Modern English Publication in Assosiation with The British Council.

Sabarti Akhadiah, Maidar G. Arsjad dan Sakura H. Ridwan. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia, Jakarta: Erlangga.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sri Ulari Subyakto-Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumarwati. 2006. "Optimalisasi Penerapan Teknik Self Correction dalam Pembelajaran Menulis di SMU untuk Meningkatkan Kemampuan Mengoreksi Kesalahan Bahasa". Proposal Penelitian tidak dipublikasikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Suparno, Yunus. 2005. Keterampilan Dasar Menulis Jakarta: Universitas Terbuka.

Suwarsih Madya 2006. Teon dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research) Bandung: Alfabeta.

The Liang Gic. 1992 Pengantar Dunia Karang Mengarang. Yogyakarta: Liberty.

Tricia Hedge. 1988. Resourse Books For Teacher. Series Edition Alan Moley New York: Oxford University




DOI: http://dx.doi.org/10.24090/ins.v21i2.2016.pp258-280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Insania



 

Creative Commons License
INSANIA by http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/ibda is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats