Fungsi Pesantren Dan Tuntutan Perubahan Sosial Pendidikan

Afga Sidiq Rifai

Abstract


Abstrak: Pondok pesantren merupakan ciri pendidikan asli Indonesia, yakni masjid, surau, atau langgar menjadi ajang pembelajaran, dan Kyai sebagai pusat pem belajaran Pada awalnya, pesantren hanya murni mengajarkan ilmu agama Islam dengan metode tradisional. Sejalan dengan tuntutan perkembangan zaman yang ada, maka pesantren mulai mengadakan pembaharuan, yaitu dengan masuknya sistem klassikal ke pondok pesantren mengadopsi pendidikan Barat. Dalam perkembangan peran dan fungsinya, yang semula pesantren berperan dalam pendidikan, sosial, politik, dan kebudayaan, pesantren mulai masuk dalam bidang ekonomi. Munculnya pesantren wirausaha sebagai keniscayaan akan tuntutan pendidikan sekarang.

Kata Kunci: Sekolah, Ekonomi, Perubahan Sosial, Pendidikan.

 

Abstract: The development of education is no longer oriented cognitive intelligence alone, but already demanded how to prepare outputs ready to face real life the increasing number of unemployment in Indonesia is because our education has not provided supplies of life, so we need to follow the steps to improve existing social change. pesantren as an educational institution native Indonesia, as well as the oldest in the Indonesian education system could be a pioneer dorm life skills-based education History shows boarding a vital role in influencing this nation. Pesantren movement once the center of religious, educational, social, cultural, and political. Now this function ditutntut schools to be able to prepare graduates who are ready to plunge in the community, so pesantren must be entered on the functioning of the economy.

Keywords: Schools, Economy, Social change, Education. 


Keywords


Kata Kunci: Sekolah, Ekonomi, Perubahan Sosial, Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Daulay, Haidar Putra. 2013. Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah. Jakarta: Kencana.

Dhoner, Zamakhsyari, 2011. Tradisi Pesantren, Cel IX Jakarta LP3ES.

Hamka. 1961. Sejarah Umat Islam. Jakarta: Bulan Bintang

Hasbullah. 1999. Sejarah pendidikan Islam Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Cet.3

Hidayatullah, M. Furqan. 2013. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta: Yuma.

Huda, Nor. 2007. Islam Nusantara. Yogyakarta: Az-Ruzz Media

Kafrawi. 2010 "Pembaharuan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren", dalam Mahfud Junaedi, Ilmu Pendidikan Islam Filsafat dan Pengembangan, Semarang: Rasail

Madjid, Nurcholish. 1997. Bilik-bilik Pesantren. Jakarta: Paramadina

Peursen, Van 1976. Strategi Kcbudayaan, Yogyakarta. Kanisius.

Steenbrink, Karel A. 1984. Beberapa Aspek Tentang Islam di Indonesia bad Ke-19. Jakarta: Bulan Bintang

___________. 1986, Pesantren Madrasah Sekolah Jakarta: LP3ES

Suhartini. 2005. Problem Kelembagaan Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren, dalam A. Halim et al (ed). Manajemen Pesantren, Yogyakarta Pustaka Pesantren.

Suharto, Toto. 2013. Pendidikan Berbasis Masyarakat Organik pengalaman Pesantren Persatuan Islam. Surakarta. Fataba Press.

Suismanto, 2004. Menelusrwi Jejak Pesantren. Yogyakarta Alief Press.

Thoha, Habib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Walitjoetomo. 1997. Penguruan Tinggi Pesantren Pendidikan Alternatif Masa Depan Jakarta: Gema Insani Press.

Yunus, Mahmud. 1996. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24090/ins.v21i2.2016.pp281-292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Indexed by: