Model Pembelajaran IPA Berbasis Kecerdasan Spiritual di Sekolah Dasar pada Materi Evolusi Darwin

Anggraeni Mashinta Sulistyani

Abstract


Abstract: Learning model is a planning or a pattern used as guidance in planning learning in the class or learning in tutorials and to define devices learning belong books, movie, computer, curriculum, and others. Science is a collection of knowledge composed in systematic, and the use of in general limited to symptoms the worlds. One studying in science is the evolution of, namely a change in living things or species also gradually going down. In science learning need to associated with intelligence spiritual to avoid possible misuse of religion and trust against the lord. Because it was necessary the development science learning model based intelligence spiritual in primary school to the matter darwinian evolution with use the model integration. Learning model is in accordance with the 2013 curriculum to teach a material through themes or thematic. The integration of science teaching models they are based on spiritual intelligence. For that, science subjects can be integrated with other subjects that support spiritual intelligence bases such as Islamic Education and Citizenship Education. The integration created a model of intergrated. The development model of science learning based spiritual intelligence in elementary school on a matter of Darwinian evolution has an advantage among other students feel happy with the relationship and the interrelationships between various fields of study, broaden horizons and appreciation of teachers, if it can be implemented well, it can be used as learning models are ideal in the school environment "integrated day", leads people to have a vision, always feel the presence of God, directing people to always dhikr and pray, directing people to always improve the quality of patient, leads people to tend to the kindness, empathy, high-minded, as well as happy serve.

Keywords: Science Learning Model, Spiritual Intelligence, Darwinian evolution.

 

Abstrak: Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum, dan lain-lain. IPA adalah suatu kumpulan pengetahuan tersusun secara sistematik, dan dalam penggunaannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam. Salah satu kajian IPA adalah evolusi, yaitu terjadinya sebuah perubahan pada makhluk hidup atau spesies secara gradual (perlahan-lahan). Dalam pembelajaran IPA perlu dikaitkan dengan kecerdasan spiritual agar tidak terjadi penyelewengan dari ajaran agama dan kepercayaan terhadap Tuhan. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan model pembelajaran IPA berbasis kecerdasan spiritual di SD pada materi evolusi Darwin dengan menggunakan model keterpaduan. Model pembelajaran ini sesuai dengan kurikulum 2013 yang membelajarkan suatu materi melalui tema atau tematik. Keterpaduan model pembelajaran IPA tersebut dibuat berdasarkan atau berbasis kecerdasan spiritual. Untuk itu, mata pelajaran IPA dapat dipadukan dengan mata pelajaran yang lain yang mendukung basis kecerdasan spiritual seperti PAI (Pendidikan Agama Islam) maupun Pendidikan Kewarganegaraan. Keterpaduan yang dibuat merupakan model intergrated. Pengembangan model pembelajaran IPA berbasis kecerdasan spiritual di SD pada materi evolusi Darwin mempunyai keunggulan antara lain siswa merasa senang dengan adanya keterkaitan dan hubungan timbal balik antar berbagai bidang studi, memperluas wawasan dan apresiasi guru, jika dapat diterapkan dengan baik maka dapat dijadikan model pembelajaran yang ideal di lingkungan sekolah “integrated day”, mengarahkan manusia untuk memiliki visi, selalu merasakan kehadiran Allah, mengarahkan manusia untuk selalu berdzikir dan berdoa, mengarahkan manusia untuk selalu meningkatkan kualitas sabar, mengarahkan manusia untuk cenderung pada kebaikan, memiliki empati, berjiwa besar, serta bahagia melayani.

Kata Kunci: Model Pembelajaran IPA, Kecerdasan Spiritual, Evolusi Darwin.

Keywords


Science Learning Model, Spiritual Intelligence, Darwinian evolution.

Full Text:

PDF

References


Agustian, Ary Ginanjar. 2001. ESQ, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Jakarta: Arga Wijaya Persada.

Agustian, Ary Ginanjar. 2010. Emotional Spiritual Quotient, The ESQ Way 165 1 Ihsan 6 Rukun Iman 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Publishing.

Campbell, Neil A & Jane B. Reece. 2008. BIOLOGI: Edisi 8 Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Fogarty, R. 1991. How to Integrated The Curricula. United States of America: IRI/Skylight Publishing. Inc.

Gardner, Howard. 1995. Multiple Intelegences The Theory in Practice. New York: Basic Book.

Hamid, Ahmad Abu. 2009. Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Yogyakarta: UNY.

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan.

Makmun Mubayidh. 2006. Kecerdasan dan Kesehatan Emosional Anak terjemahan Muhammad Muchson Anasy. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Pemerintah Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV.

Pusat Kurikulum. 2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu SMP/MTs. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media.

Siswanto, Wahyudi & Lilik Nur Kholidah & Sri Umi Mintarti. 2010. Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak. Jakarta: Amzah.

Suriasumantri, Jujun S. 2005. Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Suyanto, Slamet. 2005. Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: DIKTI.

Tasmara, Toto. 2001. Kecerdasan Ruhiah (Trancendental Intelligence) Membentuk Kepribadian yang Bertanggung Jawab, Profesional dan Berakhlak. Jakarta: Gema Insani Press.

Tebba, Sudirman. 2004. Kecerdasan Sufistik. Jakarta: Kencana.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Yahya, Harun. 2002. Menyibak Tabir Evolusi, Terjemahan Effendi dkk. Jakarta: Global Cipta Publising.

Yulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Pakar Raya.

Zohar, Danah dan Marshall, Ian. 2004 SQ: Memanfaatkan kecerdasan Spiritual Dalam Berpikir.




DOI: http://dx.doi.org/10.24090/ins.v22i2.2017.pp271-286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Anggraeni Mashinta Sulistyani

 

Creative Commons License
INSANIA by http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/ibda is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats