Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran IPS Di Sekolah Confucius Terpadu SD Mulia Bakti Purwokerto Kabupaten Banyumas

Tutuk Ningsih

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to find and describe the multicultural education in forming the character of the nation through social sciences learning. The approach considered suitable for this type of research is qualitative. The results of this study obtained some informations, 1) Multicultural education in forming the character of the nation through social sciences learning at Integrated Confucius Elementary School Mulia Bakti Purwokerto has been done by adjusting subject matter of social sciences in each class, from class I to class V associated with multicultural education. 2) Multicultural education in the empowerment of school culture, social structure and education of equal / fair in forming the character of the nation through social sciences learning at Integrated Confucius Elementary School Mulia Bakti Purwokerto has been done by the teachers welcome their students coming every morning, the students shake hands and the teachers fix the students' uniforms and tidy up the hair sometimes. Greetings with smile and polite routinely is always getting used. In school there is no distinction, all students get the same recognition, whether they are Muslim or non-Muslim, they are included in every activity, break fasting togheter, feast day, Chinese New Year, and other activities. 3) Multicultural education can be seen from terms of solidarity, cooperation, tolerance, in forming the character of the nation through social sciences learning. The activity of teacher and student in the classroom as well as in schools is done together so that the differences from religion, tribe, culture are not visible in order to maintain cohesiveness in the classroom. In terms of solidarity, students play like students in other schools, they play without discriminating caused by their origins, they also exchange information about their daily religious activities and the good lessons of their religion.

Key Words: Multicultural Education, Character of The Nation, Social Sciences.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menemukan dan mendeskripsikan tentang Pendidikan Multikultural  dalam membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran IPS. Pendekatan yang dipandang cocok untuk penelitian jenis ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh informasi, 1) Pendidikan Multikultural dalam membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran IPS di sekolah Confucius Terpadu SD Mulia Bakti Purwokerto dilakukan dengan menyesuaikan materi pelajaran IPS di setiap kelas dari kelas I sampai kelas V yang berkaitan dengan multikultural. 2) Pendidikan multikultural dalam pemberdayaan budaya sekolah, struktur sosial dan pendidikan yang sama/adil dalam membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran IPS di Sekolah Confucius Terpadu SD Mulia Bakti Purwokerto dilakukan dengan setiap pagi bapak ibu guru  menyambut siswa yang baru datang, para siswa bersalaman dan bapak atau ibu guru membetulkan seragam para siswa dan merapikan rambut. Salam senyum sapa dan sopan selalu dibudayakan. Di sekolah tidak ada pembedaan, semua siswa mendapat pelakuan yang sama, baik yang bergama Islam, maupun non-islam, mereka diikut sertakan dalam setiap kegiatan, buka puasa, lebaran, ilmlek, dan kegiatan-kegiatan lainnya. 3) Pendidikan multikultural ditinjau dari aspek solidaritas, kerja sama, toleransi, dalam membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran IPS. Kehidupan kerja sama guru dan siswa yang dilakukan di kelas maupun di sekolah  guru dan murid dilakukan bersama sama supaya perbedaan dari agama, suku, budaya  tidak  terlihat dan menjaga kekompakan di kelas. Dalam hal solidaritas, siswa bermain seperti halnya siswa di sekolah lain, mereka bermain tanpa membedakan asal usul mereka, mereka juga saling bertukar informasi tentang kegiatan keagamaan mereka setiap harinya dan pelajaran-pelajaran yang baik dari agama mereka.

Kata kunci: Pendidikan Multikultural, Karakter  Bangsa dan   Pembelajaran IPS

Keywords


Key Words: Multicultural Education, Character of The Nation, Social Sciences.

Full Text:

PDF

References


Abdullah Aly.2011. Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Banks, James A. 2005. Multicultural Education: Issues And Perspectives, Fifth Edition Update. USA. John Wiley & Sons, Inc.

_______ . 2007. Educating Citizens in a Multicultural Society, Second Edition Update. USA. John Wiley & Son, Inc.

Banks, James A. & Bank, Cherry A. McGee. 2005. Multicultural Education: Issues And Perpectives.USA: John Wiley & Son, Inc.

Choirul Mahfud. 2006. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cumming-mc-Cann, Allison. 2003. Multicultural Education Connecting Theory to Practise. Focus on Basic. Volume 6, Issue B. February 2003.

D, Zuchdi. 2010. Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komphrehensif (Terintegrasi Dalam Perkuliahan).

Djahiri dan Ma’mun.1978. Pengjaran Studi Sosial/Ilmu Pengetahuan.Bandung: LPP-IPS-FKIS IKIP.

Gloria Ladson-Billings & Gillborn, David. 2004. The Routledge Falmer Reader in Multicultural education. London & New York: RoutledgeFalmer.

Gorski, Paul C. 2008. Beyond Celebrating Diversity: Exploring The Multicultual Curriculum. Tp.

Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hanum, Farida dan Setya Raharja. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Multikultural di SD di Provinsi DIY. UNY.

Hamid Hasan. (2010). Pendekatan multikultural untuk penyempuraan kurikulum nasional dapat diakses secara on-line di http://www.pdk.go.id/balitbang/Publikasi/ Jurnal/No_026/pendekatan_hamid_hasan.htm

Hammond, Linda D., French, Jennifer, & Garcia-Lopez, Silvia Paloma. 2002. Learning to Teach for Social Justice. New York: Teachers College Press. Columbia University.

Hasan M.T. 2003. Islam dan masalah sumber daya manusia. Jakarta: Lantabora Press.

Karabel, Jerome & Halsey, A. H. (Ed). 1979. Power and ideology. USA: Oxford University Press, Inc.

Kemendiknas. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta.

Ketchum, Richard M. (ED). 2004. Demokrasi: Sebuah Pengantar. Terj. Yogyakarta: Niagara.

Koesoema A, Dony. 2007. Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Adak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Kusmarni, Yani. 2010. Pendidikan Multikultural Suatu Kajian Tentang Pendidikan Alternatif di Indonesia untuk Merekatkan Kembali Nilai-Nilai Persatuan, Kesatuan dan Berbangsa Di Era Global, dapat diakses secara On-line di internet.

Lickona, T. 1991. Educating for Character:How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility.New York: Bantam Books.

Luthfiana, Ana Farkhana Laila. 2014. Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran IPS di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. S1 Fakultas Ilmu Sosial.

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Star Energy.

Milles, M. B & Huberman, A. M. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Ceatakan Kesepuluh Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukminan, dkk. 2002. Diktat Dasar Dasar IPS. Yogyakarta: UNY.

Nazili Shaleh Ahmad. 2011. Pendidikan dan Masyarakat. Yogyakarta: Sabda Media.

Ningsih, Tutuk. 2011. Pendidikan Implementasi Pendidikan Multikultural Pada Pembelajaran Pendidikan Moral. STAIN Purwokerto: Jurnal Penelitian Vol 3 No 2.

Noel, J. 2000. Notable Selection in Multicultural Education. USA: Dushkin. Mc Graw-Hill.

Riant Nugroho. 2008. Pendidikan Indonesia: Harapan, Visi, dan Strategi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutarno. 2008. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

http://wikipedia.org. Pengertian karakter bangsa diakses pada hari Kamis, 16 Maret 2017 pukul 13.30 WIB.

Zamroni. 2011. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural.Yogyakarta: Surya Sarana Grafika.

_______ . 2007. Pendidikan dan Demokrasi dalam Transisi. Jakarta: PSAP Muhammadiyah




DOI: http://dx.doi.org/10.24090/ins.v22i2.2017.pp366-377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Tutuk Ningsih

 

Creative Commons License
INSANIA by http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/ibda is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats