Abstract

Tulisan ini ditujukan untuk mendeskripsikan bagaimana upayamengoptimalkan kurikulum aktual dan kurikulum tersembunyi dalam kurikulum 2013. Hal itu dilakukan agar setiap lembaga pendidikan tidak hanya berkutat pada pengoptimalan rencana atau kurikulum idealnya saja, tetapi juga perlu pengoptimalanpelaksanaan atau kurikulum aktualnya dan juga pengoptimalan setiap sesuatu yang mendukung pelaksanaannya tersebut atau pengoptimalan kurikulum tersembunyinya. Dalam tulisan ini, penulis mencoba memberikan altenatif nyata bagaimana agar kedua bentuk kurikulum baik kurikulum aktual maupun kurikulum tersembunyi mampu dengan tepat mengoptimalkan hasil sebagaimana yang diharapkan dalam Kurikulum 2013. This paperis intended to describe how the efforts to optimize theactual curriculum and the hidden curriculum in the 2013 curriculum. This is done so that every educational institution is not only focused on the optimization of plan or curriculum ideally, but also need to be optimized to implement or actual curriculum and also optimizing everything that supports the implementation or optimization of the hidden curriculum. In this paper, the author tries to give a real alternative how to keep both forms of curriculum. Both actual and hidden curriculum will be able to precisely optimize the results as expected in 2013 curriculum.