POTRET PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM KURIKULUM SEKOLAH DI PURWOKERTO

  • Muhammad Nurhalim IAIN Purwokerto

Abstract

Abstract: This study intends to present a comprehensive compaison of the desciption of ideal curriculum, actual curriculum, and hidden curriculum af SDN 7 Purwokerto Wetan, SMPN 1 and SMAN 1 Purwokerto in relation to multicultural education. The results showed that: 1) The ideal shape curriculum in three schools clearly visible in the learning plan that includes characters, materials, teaching methods, and plan learning activities that allow every religion, race, ethnicity, and gender participation. 2) The actual curriculum has clearly visible reference to the ideal multicultural curriculum perspective. 3) The shape of the hidden curriculum are clearly visible from the regulation, habituation program, symbols, environment, and the school system is conducive to the formation of a culture that is based multicultural values. Schools also provide equal opportunities to students in service, education. and teaching.   Keywords: Ideal Curriculum, Curriculum Actual, Hidden Curriculum, Multicultural education.   Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan perbandingan secara mendalam dan komprehensif tentang deskripsi ldeal Kurikulum di SDN 7 Purwokerto Wetan, SMPN 1 dan SMAN 1 Purwokerto dalam kaitannya dengan pendidikan multikultural; Deskripsi Aktual Kurikulum di SDN 1 Purwokerto Wetan, SMPN 1 dan SMAN 1 Purwokerto dalam kaitannya dengan pendidikan multikultura| dan Deskripsi Hidden Kurikulum di SDN 1 Purwokerto Wetan, SMPN 1 dan SMAN 1 Purwokerto dalam kaitannya dengan pendidikan multikultural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk ideal kurikulum di tiga sekolah terlihat secara jelas dalam rencana pembelajaran yang mencakup karakter, materi, metode pembelajaran, dan rencana kegiatan belajar yang memungkinkan setiap agama, ras, suku, dan gender berpartisipasi. 2) Bentuk aktual kurikulum terlihat secara jelas telah mengacu pada ideal kurikulum yang telah berperspektif multikultural. 3) Bentuk hidden kurikulum terlihat secara jelas dari peraturan, program pembiasaan, simbol-simbol, lingkungan, dan sistem sekolah yang kondusif untuk pembentukan budaya yang berasaskan nilai multikultural. Sekolah juga memberikan kesempatan yang sama kepada peserta didik dalam pelayanan, pendidikan, dan pengajaran. Kata kunci: ldeal Curriculum, Actual Curriculum, Hidden Curriculum, pendidikan Multikultural.
Published
2018-01-31
Section
Articles