Abstract

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan yang akan dicapai adalah menemukan nilai-nilai  multikultural dalam bahan ajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Islamiyah Nahdlatutthullab (MA MINAT) Cilacap. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif-naturalistik. Subjek penelitian dipilih dari para praktisi pendidikan di MA MINAT Cilacap dan guru Pendidikan Agama Islam yang terdiri guru mata pelajaran Al Qur’an Hadis, Akidah akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam, serta analisa dokumen bahan ajar pendidikan agama Islam. Hasil penelitian tentang nilai-nilai multikultural dalam bahan ajar di MA MINAT Cilacap yaitu: persamaan hak, adil, toleransi, persaudaraan dan etika pergaulan. Nilai-nilai tersebut terdokumentasi secara rinci dalam bahan ajar pendidikan agama Islam. Nilai-nilai multikultural selanjutnya diimplementasikan dalam  proses pembelajaran dan di dukung dengan kultur madrasah yang responsif terhadap multikultural.
Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Pendidikan Agama Islam.