Abstract

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan penulis terhadap pendidikan al-Qur’an, pada abad 21 ini telah banyak bermunculan berbagai macam strategi dan metode belajar al-Qur’an yang memfasilitasi anak untuk mampu belajar al-Qur’an dengan metode dan karakteristik yang berbedabeda.Permasalahan yang dikaji dalam tulisan yang merupakan hasil penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Metode Yanbu'a dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Thalhah bin Ubaidillah Purwokerto Barat Banyumasdan factor apa saja yang mempengaruhinya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Yanbu’a dilakukan dengan beberapa langkah yaitu membagi santri menjadi kelas A dan kelas B, kegiatan pembelajaran dilakukan secara kolosal, strategi yang digunakan mengacu pada kitab Yanbu’a, materi sesuai dengan yang tertera di kitab Yanbu’a, dan memanfaatkan media belajar yang ada di TPQThalhah bin Ubaidillah. Sementara factor yang mempengaruhi implementasi metode Yanbu’a yaitu factor guru/dewan asatidz, siswa/santri, dan sarana prasarana.