Abstract

Media penyiaran televisi terus berkembang mengikuti perubahan zaman dan teknologi. Industri penyiaran terus beradaptasi dengan kreatifitas yang dimiliki sebagai sebuah industri kreatif. Hadirnya era disrupsi media mengharuskan media penyiaran menerapkan beragam strategi dalam menghadapi gangguan (disrupsi) tersebut. Penerapan konvergensi dan divergensi digunakan media penyiaran untuk dapat mengikuti gangguan tersebut, karena saat ini public tidak hanya dapat menonton siaran televisi secara konvensional namun dapat menikmati konten siaran televisi kapan dan dimanapun melalui gawai yang terhubung dengan internet. Perubahan inilah yang membuat media penyiaran tv9 Lombok menerapkan konvergensi sekaligus divergensi, hal ini dimaksudkan sebagai upaya efektivitas produksi konten pemberitaan dan penyebarluasan siaran dengan memanfaatkan streaming dan media sosial untuk mendekatkan diri ke hadapan pemirsanya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi yang dijalankan oleh media penyiaran tv9 Lombok melalui wawancara mendalam dan observasi, sehingga diketahui strategi dalam mempertahankan eksistensinya di tengah kompetisi media penyiaran yang kompetitif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa media penyiaran tv9 Lombok melakukan pengembangan bidang usaha lain (waterpark tv9) dalam mempertahankan kiprahnya dalam dunia penyiaran.