DAKWAH DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

  • Siti Nurmahyati IAIN Purwokerto
Keywords:
da’wa, women

Abstract


Da’wah is an attempt to persuade and influence others in realizing the teachings of Islam, to achieve worldly prosperity and welfare of the hereafter. The success was fueled by propaganda aspects are interrelated, anatara preachers, propaganda material, propaganda strategy, mad’u (target da’wah). The number of women in this country nearly half of people (49.36). therefore, it is important to empower women in da’wah to build their own people in consciousness and religious activities that provide the basics of life prosperous world and hereafter. Dakwah merupakan suatu upaya untuk mengajak dan mempengaruhi orang lain dalam merealisasikan ajaran Islam, untuk mencapai tujuan kesejahteraan duniawi maupun kesejahteraan ukhrawi. Keberhasilan tersebut pun dipicu oleh berbagai aspek dakwah yang saling terkait, antara juru dakwah, materi dakwah, strategi dakwah, mad’u (sasaran dakwah). Jumlah kaum perempuan di negara ini hampir mencapai separuh dari jumlah masyarakatnya (49,36). Oleh karena itu, sangat penting sekali pemberdayaan perempuan dalam dakwah untuk membangun kaumnya sendiri dalam kesadaran dan aktivitas-aktivitas keagamaan yang memberikan dasar kehidupan sejahtera duniawi dan ukhrawi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Basit, Dakwah Antar Individu Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: STAIN Purwokerto Press bekerjasama Grafindo Literia Media, 2008.

Aep Kusnawan, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bandung: Benang Merah Press, 2004.

Aminudin Rasyad dan Darhim, Pengajaran, Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka, 1997.

Asep Muhyidin, dkk., Metode Pengembangan Dakwah Bandung: CV Pustaka Setia, 2002.

Asep Saeful Muhtadi dan Agus Ahmad Safei, Metode Penelitian Dakwah. Jakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Asmuni syukir, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, Al-Ikhlas: Surabaya, 1983.

Bahtiar Effendi dkk, Mutiara Terpendam Perempuan dalam Literatur Islam Klasik, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Departemen Agama Republik Indonesia, al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: CV. Karya Insan Indonesia, 1989.

Haya Binti Mubarok, Ensiklopedia Wanita Muslimah, Jakarta: Dar al-Falah. Jajat Burhanudin,dkk, Ulama Perempuan Indonesia ,Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Muhammad Fuad Abdul Baqi, Al-Mu’jam Al-Muffahras li Alfazh al-Qur’an, Cairo: Dar Al-Kutub Al-‘Arabiyyah.

M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan, 1994.

———————————— Wawasan Al-Qur’an, Bandung: Mizan, 1996. Munzier dan Harjani Hefni Suparta, Metode Dakwah, Jakarta: Prenada Media, 2003.

Slamet. M.A., Prinsip-Prinsip Metodologi Dakwah, Surabaya: Al-Ikhlas, 1994. Syafiq Hasyim, Hal-Hal Yang Tak Terpikirkan Tentang Isu-Isu Keperempuanan dalam Islam, Bandung: Mizan, 2001.
Published
2017-02-01
How to Cite
Nurmahyati, S. (2017). DAKWAH DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(1), 169-180. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/komunika.v10i1.871
Section
Articles
Abstract viewed = 4331 times
PDF downloaded = 46 times