Pertautan antara Reader, Tex, dan Author dalam Memahami Nash

Imam Nurhakim

Abstract


Dalam proses pemahamam nash agama, reader (pembaca), tex (teks), dan author (pengarang) merupakan ketiga unsur yang satu sama lain tidak terpisahkan dan atau saling berkaitan. Memisahkan diantara ketiganya dapat menimbulkan sikap ototriarianisme dalam memahami makna nash. Sikap otoritarianisme adalah tindakan kesewenang-wenangan dalam memahami makna nash sehingga tidak jarang menganggap pemahamannya yang paling benar. Untuk mnghindarkan sikap otoritarianisme tersebut, menurut Khaled hendaknya dibangun proses negosiasi (negotiating prosses) antara ketiganya (reader, tex, dan author) sehingga masing-masing tidak saling mendominasi dalam proses penetapan makna nash. Dengan kata lain, penetapan makna berasal dari proses yang kompleks, interaktif, dinamis dan dialektis antara ketiga unsur tersebut (tex, Author, dan reader). Selain itu, untuk membendung, mencegah dan menghindarkan diri, kelompok, dan organisasi-organisasi keagamaan dari sikap otoritarianisme dalam penetapan makna nash agama, Khaled juga mengajukan lima prasayat, yaitu kejujuran, pengendalian diri, kesungguhan, kemenyeluruhan, dan rasionalitas.

In the process of understanding the religious text, the reader, text, and author are the three elements that each other are inseparable and / or interrelated. Separating the three can lead to an attitude of authoritarianism in understanding the meaning of texts. The attitude of authoritarianism is an act of arbitrariness in understanding the meaning of texts so it is not uncommon to assume the correct understanding.To avoid such authoritarianism, according to Khaled, negotiations between the three (reader, text, and author) should be established, so that each does not dominate each other in the process of determining the meaning of texts. In other words, the determination of meaning comes from a complex, interactive, dynamic and dialectical process between the three elements (text, author, and the reader). In addition, to stem, prevent and refrain, groups, and religious organizations from authoritarianism in determining the meaning of religious texts, Khaled also proposed five precepts: honesty, self-control, sincerity, whole, and rationality.

Kata Kunci: Reader, Tex, Author, Makna, dan Otoritarianisme


Keywords


Reader, Tex, Author, Makna, Otoritarianisme

Full Text:

PDF

References


Aksin Wijaya, Arah Baru Studi Ulum al-Qur’an; Memburu Pesan Tuhan di Balik Fenomena Budaya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Hasan Basri Marwah, ‘Khaled Aboe El Fadl: Fikih Otoritatif untuk Kemanusiaan”, dalam http://www.serambi.co.id.

Khaled M. Aboe El Fadl, Atas Nama Tuhan: Dari Fikih Otoriter ke Fikih Otoritatif, Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta, 2004.

M. Amin Abdullah,- “Ide Pembaharuan dalam Filsafat Islam” dalam Islamic Studies di Perguruan Tinggi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006

- “Pendekatan Hermeneutik dalam Studi Fatwa-Fatwa Keagamaan: Proses Negosiasi Komunitas Pencari Makna Teks, Pengarang, dan Pembaca”, Kata Pengantar dalam Buku Khaled M. Aboe El Fadl, Atas Naman Tuhan; Dari Fikih Otoriter ke Fikih Otoritatif, Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta, 2004.

Supriatmoko, “Konstruksi Otoritarianisme Khaled M Aboe El Fadl”, dalam buku Hermeneutika Al-Qur’an dan Hadis, Dr. Phil. Syahiron Syamsuddin, (Ed), Yogyakarta: Elsao Press, 2010.

Tolhatul Choir, Ahwan Fanani (Ed), Islam dalam berbagai Pembacaan Kontemporer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Yusriyandi, “Hermenutika Hadis Khaled M. Aboe El Fadl”, dalam buku Hermeneutika Al-Qur’an dan Hadi, Dr. Phil. Syahiron Syamsuddin, (Ed), Yogyakarta: Elsao Press, 2010

Zuhairi Misrawi, Khaled Aboe El Fadl Melawan atas Nama Tuhan” Perspektif Progresif, Edisi Perdana, Juli-Agustus 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.24090/mza.v2i2.2017.pp%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Maghza by http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/maghza/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by:

    
     
     


Flag Counter

View My Stats