Corak Tarbawi dalam Penafsiran Syekh ‘Abd Al-Qa

Badrudin Badrudin

Abstract


Penelitian ini terinspirasi dengan kondisi dunia saat ini didominasi dengan pendidikan sekuler. Adapun bahaya pendidikan sekuler bagi kehidupan manusia adalah menghasilkan generasi-generasi yang menghilangkan prinsip religi dalam kehidupannya. Untuk itu mengkaji Konsep Tafsir Tarbawi yang isinya jauh dari sekuler sangat perlu diberdayakan. Produk penelitian yang ditawarkan berupa format tema-tema penting dalam kajian tafsir tarbawi Qur’ani. Pembatasan masalah dari penelitian ini adalah penafsiran pendidikan dalam pandangan Syekh ‘Abd al-Qa>dir Ji>la>niy. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metodologi sebagai berikut: 1) Paradigma analisis tematis, yaitu mengumpulkan ayat-ayat dalam tema-tema Tarbawi. Untuk kemudian menganalisis dan menyimpulkannya sebagai cerminan jawaban Al-Qur’an dari permasalahan yang disebutkan, 2) Jenis penelitiannya menggunakan metode content analysis. Orientasinya pada pemikiran Induktif, yaitu menarik kesimpulan dari yang bersifat umum kepada yang bersifat khusus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedudukan orang yang belajar dalam pandangan Syekh ‘Abd al-Qa>dir Ji>la>niy sangat diutamakan. Interpretasinya tentang ayat-ayat tarbawi sebagai berikut: tujuan pendidikan yang diorientasikan Syekh ‘Abd al-Qa>dir Ji>la>niy adalah menuju pembersihan hati atau tazkiyyah al-nafs, ini merupakan derajat yang tinggi dalam proses pendidikan. Materi pemikiran yang dikembangkan Syekh ‘Abd al-Qa>dir Ji>la>niy tentang ketarbiyahan menetapkan adab-adab dan kewajiban-kewajiban tertentu yang harus diperhatikan guru dalam memperlakukan muridnya. Pengajaran yang digunakan Syekh ‘Abd al-Qa>dir Ji>la>niy sering memberikan sandaran atas nama Allah (Al-Qur’an) dan hadis Nabi dalam paparanpaparannya. Kemudian beliau menunjukkan penekanan yang luar biasa akan pentingnya berpegang teguh dan istiqamah dalam ber-tauhi>dullah. Kata Kunci: Tafsir, Tarbawi, Pengajaran, Tazkiyyah al-Nafs, dan Al-Qur’an. 

This research was inspired by the condition of the world today is dominated by secular education. The danger of secular education for human life is produced generations who eliminate religious principles in their life. To examine the concept of Educational Exegesis (Tafsir Tarbawi) the contents away from the secular need to be empowered. Research products offered in the format of important themes in the study of Qur'anic Educational exegesis. The restriction of problems of this research is the problem of education in view of the interpretation of Sheikh ‘Abd al-Qa>dir Ji>la>niy. In this study the author used the following methodology: 1) Paradigm of thematic analysis, which collecting the verses in Educational themes. Then analyze and summarize as a reflection of the Quran answers to mentioned problems, 2) Content analysis. The orientation is inductive reasoning, the conclusion of a general nature to a special nature. The results of this study indicate of those who studied in the view of Shaykh ‘Abd al-Qa>dir Ji>la>niy is preferred. Interpretations of the Educational verses as following: The goal of education oriented by Shaykh ‘Abd al-Qa>dir Ji>la>niy was towards cleansing the heart or purification of the soul, this is a high degree in the educational process. Material of thought that developed by Shaykh ‘Abd al-Qa>dir Ji>la>niy about educational stated behavior and certain obligations that must be considered by the teacher in treating his pupils. Teaching methods used by Shaykh ‘Abd al-Qa>dir Ji>la>niy often give back in the name of Allah (Quran) and The Tradition of the Prophet in exposurepresentation. Then he showed tremendous emphasis on the importance of firmness and constancy in the oneness of Allah.

Kata Kunci: Tafsir, Tarbawi, Teaching, Tazkiyyah al-Nafs, dan Al-Qur’an


Full Text:

PDF

References


Abdul Baqi’, Muhammad Fu’ad, Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfa>dz al-Qur’a>n al-Kari>m, Beirut: Da>r al-Fikr, 1981.

Abdul Wahab, Muhbib, Suara Muhammadiyah, no. 24/TH. Ke-97, 16-31 Desember, 2012.

Al-‘Ainain, Ali Khalil Abu, Falsafah Al-Tarbiyyah al-Isla>miyyah Fi> al-Qur’a>n, tt.: Da>r al-Fikri al-‘Arabiy, cet. I, 1980.

Al-Baidha>wiy, Nashi>r al-din Abi> Sa’i>d ibn ‘Umar Muhammad al-Syairojiy, Tafsi>r al-Baidha>wi: Anwar> al- Tanzi>l wa Asra>r al-Ta’wi>l, Beirut-Libanon: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1408 H /1988 M.

Al-Dzhahabiy, Muhammad Husain, Al-Tafsi>r wa al-Mufassiru>n, Kairo: Da>r al-Kutub al-Hadi>tsah, cet. II, 1976.

Al-Faruqi, Isma’il Raji, Tauhid: Its Implications for Thought and Life. np: The International of Islamic Thought, 1982.

---------------, dan Al-Faruqi, Lois Lamya, The Cultural Atlas of Islam, terj. Ilyas Hasan, Atlas Budaya Islam, Bandung: Mizan, cet. ke-1, 1998.

Al-Ghazaliy, Abi> Hami>d Muhammad bin Muhammad, Muka>syafatul Qulu>b, Singapurah-Jiddah: Al-Haromain, tth.

Al-Husniy, Faidhulla>h, Fath al-Rahma>n li Tha>lib At al-Qur’a>n, Bandung: Dahlan, tth.

Al-Ji>la>niy, ‘Abd al-Qa>dir, Tafsi>r Al-Ji>la>niy, jilid I-VI, Beirut: Syirkah al-Tamam, cet. II, 2009.

--------------, Al-Ghunyah li Tha>libiy Thari>q al-Haqq Fi> al-Akhla>q wa al-tashowwuf wa al-A>da>b al-Isla>miyyah, Beirut: Al-Maktabah asy-Sya’biyyah, tth.

--------------, Al-Ghunyah li Tha>libiy Thari>q al-Haqq Fi> al-Akhla>q wa al-tashowwuf wa al-A>da>b al-Isla>miyyah, Beirut: Dar al-Fikr, 1956.

Al-Ka>f, Habib Abdullah Zakiy, Ajaran Tasawuf Syekh ‘Abd al-Qa>dir Al-Ji>la>niy, Bandung: Pustaka Setia, cet. I, 2003.

--------------, Mana>qib Syekh ‘Abd al-Qa>dir al-Ji>la>niy Perjalanan Spiritual Sulta>nul Auliya, Bandung: Pustaka Setia, cet. II, 2009.

Al-Qahtha>niy, Sa’i>d bin Musfi>r bin Mufarrah, al-Syaikh ‘Abd al-Qa>dir al-Ji>la>niy wa Ara>’uh Al-I’tiqa>diyyah wa al-Shu>fiyyah, Riya>dh: Fihrisah Maktabah al-Mulk Fahd al-Wathaniyyah Atsna>’ al-Nasyr, cet. I, 1418 H/1997 M.

Al-Sha>bu>niy, Muhammad ‘Ali, Al-Tibya>n Fi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n, Beirut: ‘A

Al-Syafi>’iy, Abdullah bin Asad al-Yafi>’i, Khula>shah al-Mafa>khir fi> Mana>qib Syaikh ‘Abd al-Qa>dir al-Ji>la>niy Ra., terj. Zulfikar, Keajaiban-keajaiban Syekh ‘Abd al-Qa>dir al-Ji>la>niy. Yogyakarta: Beranda Publishing, cet. I, 2010.

Aly, Hery Noer & Suparta, Munzier, Pendidikan Islam Kini dan Mendatang, Jakarta: CV. Triasco, 2003.

Audah, Ali, Dari Khazanah Dunia Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, cet. I, 1999.

Fachruddin, Ensiklopedia Al-Qur’an, buku I, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Hude, M. Darwis, et.al., Cakrawala Ilmu dalam Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Firdaus, cet. II, 2002.

Ismail, Faisal, Dakwah pembangunan: Metodologi Dakwah, Yogyakarta: Penerbit Prop. DIY, 1992.

Munir, Ahmad, Tafsir Tarbawi Mengungkap Pesan al-Qur’an tentang Pendidikan, Yogyakarta: Teras, cet. I, 2008.

Nata, Abuddin, Tafsir Ayat-ayat Pendidikan (Tafsir Al-Ayat Al-Tarbawiy), Jakarta: PT Raja Grafindo, 2009.

Ridha, M. Rasyid, Tafsir Al-Mana>r, juz II, Beirut: Da>r al-Fikr, tth.

Sahabuddin, Nur Muhammad Pintu Menuju Allah, Ciputat: PT. Logos Wacana Ilmu, cet. II. 2002.

Syahatah, ‘Abdulla>h Mahmu>d, Mana>hij al-Ima>m Muhammad ‘Abduh Fi> Tafsi>r al-Qur’an al-Kari>m, Kairo: Al-Majlis al-A’la> li ri’a>yah al-Funu>n wa al-Ab wa al-‘Ulu>m al-Ijtima>’yyah, tth.

Syahidin, Metode Pendidikan Qur’ani; Teori dan Aplikasi, Jakarta : Misaka Galiza, 2001.

Tafsir, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islami Integrasi Jasmani, Ruhani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: Remaja Rosda Karya, cet. IV, 2010.

Tebba, Sudirman, Tasawuf Positif: Manfaat Tasawuf dalam Kehidupan Sehari-hari, Ciputat : Pustaka Irvan, Cet. II, 2008.

Yu>nus, ’Abd al-Hami>d, Da




DOI: http://dx.doi.org/10.24090/mza.v2i2.2017.pp%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Maghza by http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/maghza/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by:

    
     
     


Flag Counter

View My Stats