Afsir Maqasidi: Penafsiran Al-Qur’an BerbasismaqasiId Al-Syari’ah

Mufti Hasan

Abstract


Tulisan ini menyajikan cara pandang baru dalam memahami ayat Al-Qur’an, yaitu penafsiran AlQur’an yang berorientasi pada pencapaian tujuan syariat. Para pemikir kontemporer menyebutnya dengan tafsir maqa>s}idi>.Cara pandang ini diharapkan mampu menyelesaikan problematika penafsiran yang sering dihadapi mufasir, seperti kesenjangan antara teks dan konteks. Logika dasar dari pendekatan ini adalah bahwa Al-Qur’an diturunkan pasti dengan tujuan tertentu, sehingga pemahaman terhadap Al-Qur’an sejatinya adalah menyingkap tujuan tersebut dan mentransformasikannya sesuai konteks pembaca. Berbagai teori maqa>s}id asy-syari>’ah yang dikenalkan oleh para ulama bisa dijadikan sebagai basis penafsiran, termasuk teori terbaru dari Jasser Auda. Auda mengasumsikan kerja syariah serupa dengan cara kerja sistem. Syariah, dan termasuk Al-Qur’an di dalamnya, memiliki enam fitur, yaitu sifat kognisi, holistik, keterbukaan, interkoneksi hierarki, multidimensi, dan kebermaksudan. Mengacu pada enam fitur tersebut, maka penulis menyusun lima langkah dalam memahami Al-Qur’an, yaitu: 1) identifikasi ayat; 2) identifikasi makna; 3) eksplorasi maqa>s}id asy-syari>’ah; 4) kontekstualisasi makna; dan 5) penarikan kesimpulan.

This paper will present a new perspective in understanding the Quran, which is the interpretation of the Quran which are oriented towards achieving the purpose of the shari’a. Contemporary scholars call it the ‘at-tafsi>r al-maqa>s}idi>’ or ‘purposive (maqasidic) exegesis’. This approach is expected to solve the problems faced by exegetes, such as the gap between text and context. The basic assumption of this approach is that the Quran was revealed definite with the aim, so that actually interpret the Quran is expose that purpose, and reflect on the exegese’s context. Theories of maqasid ash-shariah introduced the scholars can serve as the basis of Quran’s interpreting, including Jasser Auda’s theory. Auda assumes sharia work similar to the way the system works. Sharia devices, including the Quran, has six features, namely the nature of the cognition, holistic, openness, interconnection hierarchy, and  purposiveness. Based on these features, the author make five steps in the interpretation of the Quran: 1) identifications of verses; 2) identifications of
meanings; 3) explorations of maqa>s}id asy-syari>’ah; and 4) contextualization of meanings; and 5) conclusion.

Kata Kunci: Al-Qur’an, Tafsir Maqa>s}idi>, Maqa>s}id Al-Syari>’ah, dan Pendekatan Sistem


Keywords


al-Qur'an; tafsir

Full Text:

PDF

References


‘Ar, Muh}ammad at}-T{a>hir ibn. Maqa>s}id asy-Syari>’ah al-Isla>miyyah. Qatar: Wiza>rah al-Auqa>f wa asy-Syu’u>n al-Isla>miyyah, 2004.

‘Abduh, Muh}ammad dan Rid}a>, Rasyi>d. Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m. Vol. IV. Cet. ke-2. Qa>hirah: Da>r al-Mana>r, 1947.

Al-‘Arabi>, Muh}ammad bin ‘Abd Alla>h Abu> Bakr ibn. Ah}ka>m al-Qur’a>n. Vol. III. Beiru>t: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2003.

‘Audah, Ja>sir. Maqa>s}id asy-Syari>’ah: Dalil li al-Mubtadi>’in. London: IIIT, 2010.

‘Umar, ‘Umar bin S{a>lih} bin. Maqa>s}id asy-Syari>’ah ‘ind al-Ima>m al-‘Izz bin ‘Abd as-Sala>m. Urdun: Da>r an-Nafa>’is, 2003.

Abdullah, M. Amin. “Fikih dan Kalam Sosial Era Kontemporer,” dalam Akhmad Sahal dan Munawir Aziz, Islam Nusantara: Dari Ushul Fiqh hingga Paham Kebangsaan. Bandung: Mizan Pustaka, 2015.

El-Atrash, Radwan Jamal dan Qaid, Nahswan Abdo Khalid. “al-Jazu>r at-Ta>rikhiyyah li at-Tafsi>r al-Maqa>s}idi> li al-Qur’a>n al-Kari>m,” Majallah al-Isla>m fi> Asiya> No. 1. Malaysia: UII, 2011.

------------ . “The Maqasidic Approach in Tafsir: Problems in Definition and Characteristics,” Jurnal Qur’anica. Vol. V No. 2. Malaysia: Univesritas Malaya, 2013.

Auda, Jasser. Maqasid al-Shariah as Philosophy of Islamic Law. London: IIIT, 2007.

Burha>ni>, Manu>bah. “al-Fikr al-Maqa>s}idi> ‘ind Muh}ammad Ra>syid Rid}a>,” Disertasi. Ba>t}inah/Aljazair: Universitas al-H{ajj Lakhd}ar, 2007.

Faiz, Fakhrudin. Hermeneutika Al-Quran: Tema-tema Kontroversial. Sleman: Kalimedia, 2015.

Harahap, Zul Anwar Ajim. “Konsep Maqasid Al-Syariah sebagai Dasar Penetapan dan Penerapannya Dalam Hukum Islam Menurut ‘Izzuddin bin ‘Abd Al-Salam (w. 660 H),” Jurnal Tazkir Vol. IX No. 2. Padangsidimpuan: IAIN Padangsidimpuan, 2014.

Mawardi, Ahmad Imam. Fiqh Minoritas: Fiqh Aqalliyat dan Evolusi Maqashid al-Syari’ah dari Konsep ke Pendekatan. Yogyakarta: LKiS, 2010.

Mursalim, “Sistem sebagai Filsafat dan Metodologi untuk Analisis dalam Pandangan Jasser Auda,” Jurnal Al-‘Adalah Vol. XVI No. 2. Jember: STAIN Jember, 2013.

Mustaqim, Abdul. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Cet. ke-2. Yogyakarta: LKiS, 2012.

Ar-Raisuni>, Ah}mad. “al-Bah}s fi> Maqa>s}id asy-Syari>’ah: Nasy’atuhu wa Tat}awwuruh wa Mustaqbiluh,” Makalah. London: Yayasan al-Furqa>n li at-Tura>s al-Isla>mi>, 2005.

----------. Muh}a>d}ara>t fi> Maqa>s}id asy-Syari>’ah, cet. ke-3 (Cairo: Dar al-Kalimah, 2014.

Riyadi, Hendar. “Fikih Al-Maun: Fikih Sosial Kaum Marginal,” dalam Wahid, Wawan Gunawan Abdul., dkk (ed.). Fikih Kebinekaan: Pandangan Islam Indonesia tentang Umat, Kewargaan, dan Kepemimpinan Non-Muslim. Bandung, Mizan, 2015.

Saeed, Abdullah. Al-Quran Abad 21: Tafsir Kontekstual. Alih Bahasa Ervan Nurtawab. Bandung: Mizan Pustaka, 2016.

Safriadi, “Kontribusi Ibn ‘Asyur dalam Kajian Maqasid al-Syari‘ah,” Jurnal Islam Futura Vol. XIII No. 2. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry, 2014).

Shidiq, Ghofar. “Teori Maqashid Al-Syari'ah dalam Hukum Islam,” Jurnal Sultan Agung Vol. XLIV No. 118. Semarang: Unisula, 2009.

Shihab, M. Quraish. Kaidah Tafsir: Syarat, Ketentuan, dan Aturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami Ayat-ayat Al-Quran. Cet. ke-2. Tangerang: Lentera Hati, 2013.

----------. Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Cet. ke-13. Bandung: Mizan Pustaka, 1996.

Sholihin, M. “Book Review: Maqasid As-Shariah dan Pendekatan Filosofis Hukum Islam: Review Atas Buku Jasser Auda, “Maqasid as-Shariah as Philosophy of Islamic Law,” Jurnal Turats Vol. I No. 1 2013.

Asy-Sya>t}ibi>, Abu> Ish}a>q Ibra>hi>m bin Mu>sa> bin Muh}ammad al-Muwa>faqa>t. Vol. I. Cet. ke-1. T.k..: Da>r Ibn ‘Affa>n, 1997.

Umayyah, “Tafsir Maqashidi: Metode Alternatif dalam Penafsiran Al-Quran,” Jurnal Diya al-Afkar Vol. IV No.1. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati, 2016 .

Al-Wazza>ni>, at-Tiha>mi>. “Tauz}i>f al-Maqa>s}id fi> Fahm al-Qur’a>n wa Tafsi>rih,” Makalah diunduh dari http://www.riyadhalelm.com.

Zaid, Was}fi> ‘Ar Abu>. “At-Tafsi>r al-Maqa>s}id li Suwar al-Qur’a>n al-Ka>rim,” Makalah pada seminar “Fahm al-Qur’a>n bain an-Nas}s} wa al-Wa>qi’” (Aljazair: Universitas al-Amir ‘Abd al-Qadir, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.24090/mza.v2i2.2017.pp%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Maghza by http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/maghza/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by:

    
     
     


Flag Counter

View My Stats