Tahfidz Al-Qur’an Dengan Metode Bil-Qolam Di Madrasah Tsanawiyah (Islamic Boarding School) Al-Azhary Ajibarang Banyumas

Rohmad Rohmad

Abstract


Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran tahfidz Al-Qur’an denganmetode Bil-Qolam di Madrasah Tsanawiyah (Islamic Boarding School) Al-Azhary Ajibarang Banyumas tahunpelajaran 2016/2017?; (2) Bagaimana hasil pembelajaran tahfidz Al-Qur’an denganmetode Bil-Qolam di Madrasah Tsanawiyah (Islamic
Boarding School) Al-Azhary Ajibarang Banyumas tahunpelajaran 2016/2017?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses dan hasil pembelajaran tahfidz Al-Qur’an denganmetode Bil-Qolam di Madrasah Tsanawiyah (Islamic Boarding School) Al-Azhary Ajibarang Banyumas tahunpelajaran 2016/2017? Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pembelajaran tahfidz Al-Qur’an denganmetode Bil-Qolam di Madrasah Tsanawiyah (Islamic Boarding School) Al-Azhary Ajibarang Banyumas tahunpelajaran 2016/2017 diterapkan dengan mengunakan sistem pembelajaran pagi dan sore, serta pembelajaran dilakukan dengan 4 kegiatan yaitu pembukaan pembuka selama 5 menit, kegiatan talqin dan Ittiba’ selama 5 menit, urdhoh selama 20 menit, dan urdhoh atau dril secara individu selama 30 menit.Sedangkan hasil pembelajaran untuk setiap tahunnya selalu mencapai target yang ditentukan oleh madrasah hal ini karena didukung oleh semangat dan kecerdasaran siswa, metode yang digunakan, dan program yang dijalankan secara intensif. 

The problems studied in this research are (1) How to study tahfidz Al-Qur'an with method of Bil-Qolam in Madrasah Tsanawiyah (Islamic Boarding School) Al-Azhary Ajibarang Banyumas year 2016/2017 ?; (2) How is the learning result of tahfidz Al-Qur'an with the method of Bil-Qolam in Islamic Boarding School Al-Azhary Ajibarang Banyumas year 2016/2017 ?. This study aims to describe and analyze the process and learning outcomes of tahfidz Al-Qur'an with the method of Bil-Qolam in Madrasah Tsanawiyah (Islamic Boarding School) Al-Azhary Ajibarang Banyumas year 2016/2017? The result of the research shows that learning of Qur'anic tahfidz with the method of Bil-Qolam in Islamic Boarding School Al-Azhary Ajibarang Banyumas year 2016/2017 is applied by using morning and afternoon learning system, and learning is done with 4 activities opening for 5 minutes, talqin and Ittiba' activities for 5 minutes, urdhoh for 20 minutes, and urdhoh or individual drill for 30 minutes. Whereas the learning outcomes for each year always reach the targets determined by the madrasah (school) this is supported by the spirit and students' curiosity, the methods used, and programs that are run intensively.

Kata Kunci: Metode Bil-Qolam, Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an.


Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz Abdul Rauf, Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an, (Jakarta Timur: Alfin Press, 1427 H)

Abdurrahman Abdul Khalik, Bagaimana Menghafalkan Al-Qur’an, (Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar, 2006)

Abi Zakariyya, التبيان في ءاداب جملة القرآن

Abu Ghuddah, 40 Strategi pembelajaran Rasulullah, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2005)

Adi Prastowo, Menguasai Teknik-teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Diva Press, 2010)

Chairani Idris, dari Lokal ke Internasional, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2004)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta: Balai Pustaka, 1998)

Depdiknas. Kamus besar bahasa Indonesia. (Jakarta: Balai Pustaka, 2002)

Fathurrahmania, Strategi Menghafal Al-Qur'an (Tahfidz) Di Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an Darul Falah Iii Cukir Diwek Jombang, (Jombang: Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, 2016)

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research 1. (Yogyakarta: Rineka Cipta, 2004).

Husaini Usman dan Purnomo Setiadi Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, (Bandung: Bumi Aksara, 1995)

Miles dan Hubermen. Analisis Data Kualitatif. (Jakarta: Universitas Indonesia (UI press), 1992)

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012)

Munawwar Khalil. Al-Qur’an Dari Masa Ke Masa Cet I (Semarang: Ramdhani,1998)

Noeng Muhajir, Metode Penelitian Kualitatif,( Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996)

Poerwodarminto. Kamus Umum Bahasa Indonesia. (Jakarta, balai pustaka, 1976 )

Robert Bog dan Sari Knop Biklen, Qualitatif Research For Education, An Introduction To Theory And Methods,( Boston: Allyn And Bacon, 1986)

Rudi Hartono. Penerapan kurikulum dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Tahfidz Al-Qur’an (MANQ) Isy Karima Pakel Gerdu Karangpandan Karanganyar Jawa Tengah. (Surakarta: Sebelas Maret University Pres, 2006)

Saifudin Azwar, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003)

Shihab. Membumikan Al-Qur’an. (Bandung: Mizan, 1992.)

Siti Kholifah, pelaksanaan metode tahfidz dan takrir dalam menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Tahfidz Al-Qur’an Al Yamani sumberdadi sumber gempol tulungagung, ((Jombang: Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, 2013)

Sudjana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. (Bandung: Alfabeta, 2008)




DOI: http://dx.doi.org/10.24090/mza.v2i2.2017.pp%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Maghza by http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/maghza/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by:

    
     
     


Flag Counter

View My Stats