Abstract

Manajemen produksi dan pemasaran memegang peran penting dalam kelangsungan usaha. Sayangnya, banyak wirausaha-wan yang hanya berorientasi untuk memperoleh keuntungan dari pada mengembangkan pasar, produk dan kepuasan konsumen. Penelitian ini berusaha mengkaji bagaimana home industry kripik singkong dan pisang mampu bertahan di tengah persaingan usaha yang kian kompetitif. Dengan menggunakanmetode penelitian kualitatif-deskriptif dapat diketahui bahwa beberapa home industry kripik singkong dan pisang yang ada di Desa Kaliwungu telah melakukan pengelolaan yang baik pada bidang produksi dan pemasarannya. Dalam bidang produksi, pengelolaan dilakukan terhadap sistem perencanaan dan pengendalian. Adapun dalam bidang pemasaran, home industry yang ada mampu melakukan analisis dan target pasar, menetapkan strategi pemasaran yang sesuai dan pengendalian pemasaran yang tepat untuk mengembangkan pasar dan produk inovatif demi tercapainya tingkat kepuasan konsumen yang lebih tinggi.