Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel 9 Matahari Karya Adenita

  • Fathia Istiqomah Jurusan Dakwah STAIN Purwokerto
Keywords: Nilai, Degradasi Moral, Pendidikan Karakter, Akhlaqul Karimah

Abstract

Degradasi moral anak zaman yang sangat merugikan kepentingan bangsa dan negara sedang semarak-maraknya berlangsung di negeri tercinta ini. Sendi-sendi kebangsaan yang dibangkitkan dari peradaban yang menjunjung tinggi moralitas kemanusiaan yang luhur semakin dijauhi dan “dimusuhi” anak zamannya. Menyaksikan hal ini, sepertinya keruntuhan moralitas anak zaman sudah mencapai titik nadir dan kiamatlah peri kemanusiaan di negeri ini. Untuk menjadikan bangsa Indonesia yang bermartabat, Indonesia terlebih dahulu harus memiliki masyarakat yang berkualitas pula. Untuk mewujudkannya diperlukan konsep pendidikan komprehensif di mana tidak sekadar pendidikan yang mencerdaskan secara intelektual saja, melainkan bagaimana pendidikan itu bisa membuat manusia yang berakhlaqul karimah. Kecerdasan plus karakter itulah, yang kemudian dinamakan pendidikan karakter, yang menitikberatkan pada upaya memperbaiki akhlak dan moral bangsa.Dengan melihat latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam novel 9 Matahari yang dapat mengatasi degradasi moral bangsa dan bagaimana strategi menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut terhadap mahasiswa dan kehidupan masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (library research) yang bersifat deskriptif analisis dengan menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel 9 Matahari. Adapun metode pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan menggunakan analisi isi (content analysis) sebagai metode dalam menganalisa datanya. Untuk menggali data tentang background kehidupan maupun pemikiran Adenita, keberadaan novel 9 Matahari, konfirmasi, dan kelengkapan data dilakukan wawancara mendalam (indepth interview) dengan Adenita. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yaitu buku-buku pendidikan karakter terutama buku karya Thomas Lickona dan novel 9 Matahari. Sumber data sekunder yaitu berupa buku/karya Adenita selain 9 Matahari dan literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini.Setelah melakukan pengkajian dapat ditemukan hasilnya adalah: 1) nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel 9 Matahari karya Adenita meliputi: kebijaksanaan, keadilan, ketabahan, pengendalian diri,  kasih, sikap positif, kerja keras, ketulusan hati, berterima kasih, kerendahan hati. 2) Strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter tersebut terhadap kehidupan mahasiswa dan masyarakat diantaranya dengan pembiasaan nilai-nilai dan perilaku luhur, keteladanan, kegiatan spontan, pengkondisian lingkungan, dan kegiatan rutin.

References

Adenita. 9 Matahari. Jakarta : Grasindo Anggota Ikapi, 2008.

Aziz, Rahmat dan Retno Mangestuti. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual terhadap Agresivitas pada Mahasiswa UIN Malang” dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan el Qudwah, 2006, Vol. 1, No. 1.

Budianta, Melani dkk. Membaca Sastra (Pengantar Memahami Sastra untuk Perguuan Tinggi). Jakarta: Trans Media Pustaka.

Lickona, Thomas. “Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues,” http://www.cortland.edu/character, 2010 diakses 16 Februari 2014 pukul 13.00.

Lickona, Thomas. Pendidikan Karakter : Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Terj. dari Educating for Character. New York : Bantam Bonk, 2008 dengan penerjemah Lita. S. Bandung : Nusa Media, 2013.

Lickona, Thomas. Pendidikan Karakter, terj. Character Matters. New York : Touchstone, 2004 penerjemah Saut Pasaribu. Bantul : Kreasi Wacana, 2012.

Lickona, Thomas. “11 Principles of Effective Character Education,” www.cortland.edu/ character, 2010, diakses 23 Maret 2014 pukul 08.00.

Lickona, Thomas. “Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues,” http://www.cortland.edu/character, 2010 diakses 16 Februari 2014 pukul 13.00.

Lickona, Thomas. “What is the history of character education?,” http://www.cortland.edu/character, 2010 diakses 26 Februari 2014 pukul 20.00.

Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2013.

Roqib, Mohammad. Prophetic Education : Kontekstualisasi Filsafat dan Budaya Profetik dalam Pendidikan. Purwokerto : Buku Litera bekerja sama dengan STAIN Press, 2011.

Yulianti, Tri. “Perempuan dalam Konstruksi Sosial : Telaah Feminisme terhadap Cerpen “Perceraian Bawah Tangan” Karya Evi Idawati,” dalam IBDA’ Jurnal Studi Islam dan Budaya, 2009, Vol. 7, No. 2.
Published
2017-04-15
Section
Articles