Abstract

Degradasi moral anak zaman yang sangat merugikan kepentingan bangsa dan negara sedang semarak-maraknya berlangsung di negeri tercinta ini. Sendi-sendi kebangsaan yang dibangkitkan dari peradaban yang menjunjung tinggi moralitas kemanusiaan yang luhur semakin dijauhi dan “dimusuhi” anak zamannya. Menyaksikan hal ini, sepertinya keruntuhan moralitas anak zaman sudah mencapai titik nadir dan kiamatlah peri kemanusiaan di negeri ini. Untuk menjadikan bangsa Indonesia yang bermartabat, Indonesia terlebih dahulu harus memiliki masyarakat yang berkualitas pula. Untuk mewujudkannya diperlukan konsep pendidikan komprehensif di mana tidak sekadar pendidikan yang mencerdaskan secara intelektual saja, melainkan bagaimana pendidikan itu bisa membuat manusia yang berakhlaqul karimah. Kecerdasan plus karakter itulah, yang kemudian dinamakan pendidikan karakter, yang menitikberatkan pada upaya memperbaiki akhlak dan moral bangsa.Dengan melihat latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam novel 9 Matahari yang dapat mengatasi degradasi moral bangsa dan bagaimana strategi menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut terhadap mahasiswa dan kehidupan masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (library research) yang bersifat deskriptif analisis dengan menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel 9 Matahari. Adapun metode pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan menggunakan analisi isi (content analysis) sebagai metode dalam menganalisa datanya. Untuk menggali data tentang background kehidupan maupun pemikiran Adenita, keberadaan novel 9 Matahari, konfirmasi, dan kelengkapan data dilakukan wawancara mendalam (indepth interview) dengan Adenita. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yaitu buku-buku pendidikan karakter terutama buku karya Thomas Lickona dan novel 9 Matahari. Sumber data sekunder yaitu berupa buku/karya Adenita selain 9 Matahari dan literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini.Setelah melakukan pengkajian dapat ditemukan hasilnya adalah: 1) nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel 9 Matahari karya Adenita meliputi: kebijaksanaan, keadilan, ketabahan, pengendalian diri,  kasih, sikap positif, kerja keras, ketulusan hati, berterima kasih, kerendahan hati. 2) Strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter tersebut terhadap kehidupan mahasiswa dan masyarakat diantaranya dengan pembiasaan nilai-nilai dan perilaku luhur, keteladanan, kegiatan spontan, pengkondisian lingkungan, dan kegiatan rutin.