Penanaman Akhlak bagi Anak Jalanan di TPQ Tombo Ati Kampung Dayak Purwokerto Selatan

  • Sutrimo Purnomo Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam JurusanTarbiyah SekolahTinggi Agama Islam NegeriPurwokerto
Keywords: Penanaman, akhlak, anak jalanan

Abstract

Ada sekelompok anak jalanan yang tinggal di sebuah perkampungan yang bernama Kampung Dayak di mana mereka berada di jalanan bertujuan untuk mencari uang dengan cara mengamen demi membantu perekonomian orang tua mereka. Mereka pun berbeda dan cenderung memiliki akhlak yang lebih baik dibandingkan anak jalanan pada umumnya. Hal ini bisa diketahui di antaranya ketika waktu salat Magrib tiba, mereka berduyun-duyun pergi ke musala setempat untuk melaksanakan salat Magrib berjama’ah dan setelah selesai salat mereka pun mengaji di TPQ Tombo Ati Kampung Dayak Purwokerto Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukan dan menggambarkan bahwa akhlak yang ditanamkan oleh TPQ Tombo Ati kepada para anak jalanan meliputi akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak kepada alam/lingkungan. Untuk menanamkan akhlak tersebut digunakan metode keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat, dan pemberian perhatian/pengawasan. Dari keempat metode tersebut, metode pembiasaan mendominasi untuk digunakan dan pemberian nasihat mendapat perhatian lebih. Karena, hal dasar yang lebih dibutuhkan bagi anak-anak jalanan tersebut ialah pembangunan mental dan hal ini dapat dicapai di antaranya melalui pemberian nasihat secara intensif.

References

Al Abrasyi, Mohammad Athiyah. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Terj. Bustami A. Gani dan Djohar Bahry. Jakarta: Bulan Bintang, 1970.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara, 2002.

Elmubarok, Zaim. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2009.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2012.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta: Andy, 2001.

Harian Banyumas, 20 Juni 2012.

Kedaulatan Rakyat, 12 Desember 2013, hal. 18.

Kedaulatan Rakyat, 30 September 2013, hal. 12.

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Muchtar, Heri Jauhari. Fikih Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf. Jakara: Rajawali Pers, 2009.

Nugroho, Heru. Menumbuhkan Ide-ide Kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.

Roqib, Moh.. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LKiS, 2009.

Rosyid, Nur, dkk. Pendidikan Karakter Wacana dan Kepengaturan. Purwokerto: Obsesi Press, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Suyanto, Bagong. Masalah Sosial Anak. Jakarta: Kencana, 2010.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1995.

Tim Penyusun. Panduan Penulisan Skripsi STAIN Purwokerto. Purwokerto: STAIN Press, 2012.

Tim Penyusun. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Ulwan, Abdullah Nashih. Pendidikan Anak dalam Islam I. Terj. Jamaludin Miri. Jakarta: Pustaka Amani, 1999.

Yunus, Mahmud. Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta: Hidakarya Agung, t.t.

Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2000.

Zuriah, Nurul. Pendidikan Moral dan Budi Perkerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

http//:amroelz-aldjaisya.blogspot.com/2013/05/sang-pendidik-tomboatikampung-dayak.html, diakses pada 9 Oktober 2013 pukul 15.00 WIB.
Published
2017-04-15
Section
Articles