EPISTEMOLOGI IBNU KHALDUN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM

Sutrimo Purnomo

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk memberikan wacana tentang bagaimana
menjadikan konsep epistemologi yang ditawarkan oleh Ibnu Khaldun sebagai
alat untuk mengembangkan pendidikan Islam yakni dengan menjadikan
indera, akal dan wahyu sebagai sumber pengetahuan.Wahyu (Al-Qur’an
dan Al-Hadits) inilah yang seharusnya menjadi landasan bagiindera dan
akal dalam pengembangan pendidikan Islamsehingga kemaslahatan umat
baik yang bersifat duniawi maupun ukhrawi dapat tercapai, pendidikan
Islam yang mampu mencetak para ilmuwan sekaligus ulama sebagai
pemimpin umat. Paradigma yang bisa digunakan dalam pengembangan
pendidikan Islam berkaitan dengan epistemologi Ibnu Khaldun tersebut,
di antaranya dengan mengaitkan antara “ilmu umum” dan ilmu agama
bahkan menanamkan pemahaman bahwasannya semua ilmu bersumber
dari Allah sebagai Yang Maha Memberi Ilmu dengan prinsip bahwa proses
perolehan pengetahuan hakekatnya adalah untuk kebaikan bagi dirinya
dan bagi umat serta dengan mendasarkan proses pendidikan kepada alQur’an
dan Hadits sebagai pedoman dalam pengembangan ilmu.


Keywords


Epistemologi Ibnu Khaldun, Pengembangan, Pendidikan Islam.

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahid Wafi, Ali. 1985. Abdurrahman Bin Khaldun. Terj. Akhmadi Tiha. Ibnu Khaldun : Riwayat dan Karyanya. Jakarta: Grafiti Press.

Abdullah, Amin. 1996. Studi Agama: Normativitas dan Historistas?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Abdullah, Syamsuddin. 1997. Agama dan Masyarakat: Pendekatan Sosiologi Agama. Jakarta: Logos.

Amin, Miskah Muhammad. 1983. Epistemologi Islam: Pengantar Filsafat Pengetahuan Islam. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Baali, Fuad dan Ali Wardi. 1989. Ibnu Khaldun An Islamic Thought Style A Sosial Perspecive. Terj. Mansuruddin dan Akhmadi Taha. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Depag. R.I. t.t. Ensiklopedi Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Proyek Peningkatan Prasarana dan Sarana di Perguruan Tinggi Agama IAIN.

Esposito, John L. 2001. Ensiklopedi Oxford: Dunia Islam Modern, jilid 2. Bandung: Mizan.

Hadiwijono, Harun. 1996. Sari Sejarah Filsafat Barat 1. Yogyakarta: Kanisuis.

________________. 1996. Sari Sejarah Filsafat Barat 2. Yogyakarta: Kanisius.

Hidayat, Komaruddin dan Hendri Prasetyo. 2000. Problem dan Prospek IAIN: Ontologi Pendidikan Islam. Jakarta: Direktorat Pembinaan Perguruan Tinggi Islam, Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Depag. RI.

Issawi, Charles. 1976. An Arab Philosophy of History. Terj. Mukti Ali. Jakarta: Tintaman.

Khaldun, Ibnu. 1986. MukaddimahIbnu Khaldun. Terj. Akhmad Taha. Jakarta : Pustaka Firdaus.

Khudhairi, Zainab. 1987. Falsafah al Tarikh ‘Inda Ibnu Khaldun, Terj. Ahmad Rofi’ Usmani. Bandung: Pustaka.

Kurianto, Rido. Empirisme Dalam Perspektif Ibnu Taimiyah dan John Lock. Jurnal Studi Islam Profetika. Program Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Vol. 2 No. 2 Juli 2000.

Ma’arif, Ahmad Syafi’i. 1996. Ibnu Khaldun dalam Pandangan Penulis Barat dan Timur. Jakarta: Gema Insani Press.

Madjid, Nurcholis. 1994. Khasanah Intelektual Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Nasution, Harun. 1996. Pembaharuan Dalam Islam: Sejarah dan Pemikiran. Jakarta: Bulan Bintang.

Nata, Abudin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Rovi’in. t.t. Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun.Tesis. Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang.

Sardar, Ziauddin. 1987. Islamic Future: The Shape of Ideas to Come. Terj. Rahmani Astuti. Bandung: Pustaka.

Siregar, Marasudin. 1999. Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun: Suatu Analisa Fenomenologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumantri, Yuyun S. 1994. Filsafat Ilmu Suatu Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Thoha, Chabib. 1996. Reformulasi Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Thoha, M. Chabib, dkk. 1996. Reformulasi Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Usa, Muslih. 1991. Pendidikan Islam di Indonesia: Antara Cita dan Fakta. Yogyakarta : Tiara Wacana.

Yatim, Badri. 1997. Historioigrafi Islam. Jakarta: Logos.




DOI: http://dx.doi.org/10.24090/jimrf.v6i1.2017.pp%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
IBDA by http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/raushanfikr is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Indexed by: