KUALIFIKASI PEMIMPIN LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL, NON FORMAL DAN INFORMAL LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Rifqi Abdul Rosyad

Abstract


Sebagai makhluk sosial manusia tidak dapat hidup sendiri dan memerlukan
penopang hidup berupa masyarakat. Setiap masyarakat tempat hidup
manusia memiliki pandangan ideal bersama untuk diperjuangkan dan
direalisasikan bersama. Pandangan ideal inilah yang kemudian menyatukan
semua elemen masyarakat dalam kegiatan berorganisasi, dimana posisi
pemimpin dan kepemimpinan menjadi sangat vital dalam konteks ini.
Selain sebagai simbol dan manifestasi dari tujuan bersama, pemimpin juga
merupakan salah satu bagian penting dari ajaran Islam. Apabila ditarik
kedalam konteks pendidikan Islam akan menjadi menarik dan sangat
penting dibahas karena pendidikan Islam merupakan lingkungan sosial
yang memiliki peran penting bagi masa depan sosial juga. Dalam tulisan ini
akan diulas mengenai kualifikasi kepemimpinan dalam ranah pendidikan
formal, nonformal dan informal dalam pendidikan Islam di mana perbedaan
mendasar dalam kualifikasi pemimpin formal dan pemimpin sosial antar
lain : kemampuan manajerial, kualifikasi pendidikan, keterampilan
teknis, penampilan dan kharisma. Perbedaan kualifikasi ini terjadi karena
perbedaan wilayah kerja, wewnang dan tanggungjawab yang juga berbeda.


Keywords


kepemimpinan, kualifikasi pemimpin, pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Rivai Zaenal, Veithzal dkk. 2013. Islamic Management Meraih Sukses melalui

Praktik Managemen Gaya Rasulullah secara Istìqomah. Yogyakarta:

IKAPI.

A. Al-Buray, Muhammad. 1986. Islam Landasan Alternatif Administrasi

Pembangunan. Jakarta: CV Raja Wali.

Masyud, M. Sulthon. 2003. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva

Pustaka.

Roqib. Moh. 2016. Filsafat Pendidikan Profetik Pendidikan Islam Integratif

dalam Perspektif Kenabian Muhammad. Purwokerto: An-najah Press.

Amsyari, Fuad. 1995. Islam Kaffah Tantangan Sosial dan aplikasinya di

Indonesia. Jakarta: Gema Insani Press.

Agil Husin Al-Munawar, H. Said. 2002. Al-quran Membangun Tradisi

Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Press.

Rivai Zaenal, Veithzal dan Arviyan Arifin. 2009. Islamic Leadership

Membangun SuperLeadership melalui Kecerdasan Spiritual. Jakarta:

Bumi Aksara.

Rasyid, Daud. 2000. Islam dalam Berbagai Dimensi. Jakarta: Gema Insani

Press.

Wukir, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Sekolah,

Yogyakarta: Multi Presindo.

Usman, Husaini. 2014. Manajemen-Manajemen: Teori,praktik,dan riset

pendidikan (edisi keempat), Jakarta : Bumi Aksara.

Amsyari, Fuad. 1995. Islam Kaffah Tantangan Sosial dan aplikasinya di

Indonesia. (Jakarta: Gema Insani Press)

H. Said Agil Husin Al-Munawar. 2002. Al-quran Membangun Tradisi

Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Press.

Kartono, Kartini. 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan : Apakah Kepemimpinan

Abnormal Itu?, Jakarta : Rajawali Pers.

Moedjiono, Imam. 2002. Kepemimpinan dan Organisasi. Yogyakarta: UII

Press.

Said, Mas’ud. 2010. Kepemimpinan Pengembangan Organisasi Team

Building dan Perilaku Inovatif. Malang: UIN Maliki Press.

Sutarto, 2006. Dasar – Dasar Kepemimpinan Administrasi. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

http://www.gurupantura.com/2015/05/pendidikan-formal-nonformalinformal.html/

diakses pada tanggal 14 September 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.24090/jimrf.v6i1.2017.pp107-123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
IBDA by http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/raushanfikr is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Indexed by: