Abstract

Mempelajari bahasa asing adalah hal yang penting dan perlu karena ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti perkembangan zaman, termasuk bahasa Arab, Belajar Bahasa Arab di Indonesia dimulai dari awal masuknya islam sampai sekarang, tetapi hasilnya masih lemah dan belum memuaskan dalam hal keterampilan berbahasa. Keempat keterampilan berbahasa tersebut adalah: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Para siswa ini memahami bahwa bahasa Arab merupakan media dan kunci untuk memahami sumber (Quran dan Hadits) dan referensi Arab. Dalam pembelajaran terdapat beberapa unsur yaitu; guru, siswa, metode, materi, strategi, tujuan pembelajaran, sarana. Unsur-unsur tersebut semuanya saling mengaitkan antara yang satu dengan yang lainnya.
Dalam artikel ini, penulis berfokus pada strategi pembelajaran muhadatsah. Seperti yang diketahui bersama bahwa, pembelajaran muhadatsah bukan merupakan proses pembelajaran yang mudah, oleh karena itu penggunaan srategi yang tepat sangat dibutuhkan, karena banyak ahli yang menyatakan bahwa keberhasilan pembelajaran itu tregantung dengan strategi pembelajaran yang digunakan. Hal tersebut tidak berarti bahwa guru dibatasi untuk menggunakan strategi dalam mempelajari percakapan akan tetapi guru dapat menggunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran. Oleh karena itu, identifikasi dan beberapa strategi dan percobaan pada strategi pendalaman sangat penting untuk membandingkan dan memilih strategi yang paling tepat untuk digunakan dalam semua mata pelajaran dan situasi tertentu.
Penggunaan strategi yang tepat dalam pembelajaran muhadatsah adalah elemen penting bagi guru untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran. Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh guru dalam ememilih strategi adalah strategi berikut: tujuan pembelajaran, kemampuan guru, kemampuan siswa, fasilitas yang tersedia, waktu yang ditetapkan, situasi pembelajaran, materi, kelebihan dan kekurangan dari strategi itu sendiri.
Strategi yang tepat dalam mempelajari muhadatsah: strategi diskusi, ceramah, strategi Tanya Jawab, strategi demonstrasi, strategi membaca, semua orang adalah guru, permintaan informasi, peer lesson.